Sang Pioneer Dari Cinangor Desa Pangeureunan

GARUT, INFODESAKU – sangatlah beruntung warga Kampung Cinangor RT. 01/ RW. 01 Desa Pangeureunan Kecamatan Balubur Limbangan, karena memiliki seorang ketua RT yang sangat memperhatikan kehidupan warganya, baik itu masalah sosial, pendidikan, lingkungan maupun kesejahtaraannya. Minggu, (6/10).

Nimon (60) salah satu warga menuturkan selama enam tahun memimpin Cinangor Ketua RT Santa sangatlah perduli dan perhatian terhadap kebutuhan warganya salah satunya kebutuhan air bersih, dengan semangat dan jiwa kepemimpinannya Santa mampu mewujudkan kebutuhan warga akan air bersih bahkan menyalurkannya langsung ketiap rumah.

“Dibawah kepemimpinannya warga bahu membahu mewujudkan program pak RT diantaranya pengadaan air bersih dan madrasah sebagai sarana pendidikan agama,” tutur wanita paruh baya itu.

Saat ditemui dikediamannya Ketua RT. 01 Santa mengungkapkan apa yang dilakukannya itu semua untuk kebaikan warganya agar tidak kesusahan dalam memenuhi kebutuhan air bersih diman sebelumnya warga harus berjalan kiloan meter hanya untuk mendapatkan satu ember air bersih dikala musim kemarau seperti sekarang ini.

“Dengan kebersamaan dan semangat gotongroyong sekarang warga tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih,” ungkap Santa.

Santa juga menjelaskan program pipanisasi dengan panjang 750 meter dengan satu bak kontrol dan tiga toren penampungan yang berkapasitas 2000 liter semua itu merupakan hasil swadaya warga dan sumbangan dari seorang pengusaha ( H. Drs. E. Hudaya Prawira), pipanisasi tersebut memamfaatkan mata air Cikondang yang berada disebelah barat Kampung Cinangor, selain itu hasil dari kekompakan warganya gang dilikungannya sepanjang 500 meter sudah dirabat berikut dengan TPT sepanjang 200 meter dan satu buah Madrasah.

“Agar air tersebut dapat mengalir terus kerumah warga maka atas hasil musyawarah setiap kepala keluarga dibebani biyaya perawatan sebesar Rp. 10.000,00 per bulan,” jelas Santa.

Bagi warga yang belum mampu membuat tempat penampungan dan membangun MCK maka pengurus RT membangun tempat penmpungan air dan MCK umum yang terletak dibelakang Masjid, debet air yang disalurkan kewarga mencapai 7000 liter per malam yang disalurkan ke- 30 rumah warga, mamfaat air tersebut bukan hanya dirasakan oleh warga setempat namun juga dirasakan oleh warga Kampung Pasir Wangi Desa Pasirwaru.

Nyai seorang guru ngaji menuturkan Madrasah yang dikelolanya dibangun dengan gotongroyong diatas tanah milik ibunya dengan harapan madrsah tersebut menjadi tempat anak-anak belajar mengaji dan menuntut ilmu agama meskipun belum ditunjang dengan sarana penunjang yang layaknya sebuah tempat pendidikan.

“Kami berharap ada donatur yang membantu kelengkapan Madrasah seperti Listrik, Buku Ikro, Al- Quran, papan tulis dan pengeras suara,” harpnya.

Dengan pendekatan dan terjun langsung kelapangan seorang pemimpin akan mengerti dan memahami kebutuhan warganya dan kebijakannya akan berpihak kepada warganya karena keputusannya bukan karena ego sendiri atau golongannya tapi murni dan tulus demi kesejahtraan warga.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau