Pemkab Lamsel Serahkan Bantuan 4 Unit Alsintan, Untuk Petani di Desa Sukamarga Kecamatan Sidomulyo

LAMSEL, INFODESAKU – Bertempat di Desa Suka Marga, Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Lamsel, dengan rangkaian acara “Panen Raya” serta menyerahkan bantuan hibah berupa Alat Pertanian (Alsintan), sebanyak Empat (4) Unit kepada Kelompok Tani, atau para petani yang ada di desa baik kelompok tani di Kecamatan Sidomulyo, serta ada juga kelompok tani berasal dari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Rabu, (06/11/2019).

Bantuan Alsintan tersebut di serahkan oleh H. Nanang Ermanto, Plt. Bupati Lampung Selatan yang di terima oleh ara Kelompok Tani ( Poktan), merupakan bantuan atau hibah dari Kementerian Pertanian Pusat, berdasarkanusulan Petani dan pengajuan Dinas Pertanian Kabuten Lampung Selatan. Di usulkan langsung oleh dinas terkait pada Tahun 2019 ini, sebanyak 4 Unit bantuan Alsintan tersebut yakni 2 Unit Traktor Roda 2 dan 2 Unit mesin Pompa Air terealisasi.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lampung Selatan, Noviar melalui Via telephone mengatakan, Bantuan hibah berupa Alsintan ini berasal dari Pemerintah ( Kementerian Pertanian) Pusat, yang merupakan usulan dari para petani.

“Bantuan hibah dari Kementerian Pertanian Pusat ini berupa barang jenis Alsintan, sebanyak 4 Unit, antara lain 2 Unit Traktor Roda Dua dan 2 Unit mesin Pompa Air, untuk di gunakan para petani atau kelompok tani yang ada di Lampung Selatan,” Ungkapnya.

Di ketahui bantuan Alsintan ini di serahkan, dengan serah terima bantuan tersebut, sekaligus merupakan acara “Panen Raya” jenis Bawang Daun (Allium Fistulosum), jenis sayuran yang sering dijadikan bumbu masak oleh masyarakat umumnya. Langkah ini merupakan terobosan pintar petani dalam upaya mengantisipasi di musim kemarau.

Sementara dalam arahannya Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, Bantuan Alsinta ini bukan untuk di kuasai perorangan dan juga bukan semata – mata sebagai pencitraan. Akan tetapi petani bisa berinovasi terutama di musim kemarau ini. Karena jenis tanaman ini sedikit memerlukan air dan teknis pemeliharaan yang sederhana dengan masa tanam sampai panen selama 45 hari. Dalam 1 ha menghasilkan bawang daun sebanayak 15 Ton dengan harga Rp. 8.000 per Kg.

“Dengan di dukungnya mesin serta alat pertanian para petani khususnya petani jenis bawang daun ini dapat meningkatkan hasil pertanian. Sehingga pendapatan petani meningkat, saat ini luas lahan yang ditanami untuk jenis Bawang Daun seluas 44 Ha berada di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Candipuro, yang hasilnya berkisar 7 hingga 15 Ton per Ha,” Tuturnya.

Selanjutnya H. Nanang Ermanto mengatakan, Berharap kepada petani untuk memelihara dan merawat bantuan pemerintah dengan baik, sehingga berdaya guna dan bermanfaat.

“Mari tingkatkan tabungan kelompok tani dan lakukan pemakaian pupuk organik dilahan sehingga kondisi lahan menjadi sehat.” Pungkasnya.

Laporan : R.YS

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove