Warga Miskin Penderita Kanker Ganas di Ardirejo Dijenguk Pihak Dinkes Situbondo

SITUBONDO, INFODESAKU – Penderita kanker ganas atas nama Agus Suminto (46) warga miskin yang berdomisili di Jl. Dipenogoro No 273 RT 01 RW 01 Kelurahan Adirejo Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, mendapat kunjungan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, Abu Bakar Abdi bersama rombongan.

Kunjungan Plt Kepala Dinkes Kabupaten Situbondo didampingi Kepala UPT Puskesmas Panji (Bagus Sulaksono) dalam rangka menjenguk penderita kanker ganas tersebut, setelah menerima informasi dari Ketua TP PKK Adirejo (Any Tristiatuti), bahwa ada salah satu warga miskin yang tinggal di Kelurahan Ardirejo terdeteksi mengidap penyakit kanker ganas sejak 4 bulan lalu atau tepatnya pada Kamis (28/112019).

Untuk membantu meringankan beban warga yang menderita kanker ganas ini, Ketua TP PKk Adirejo (Any Tristiatuti) telah memberikan santunan berupa uang Rp 1 juta.

Selanjutnya, pihak Dinkes Kabupaten Situbondo memberikan tindakan medis serta meminta kepada pihak keluarga penderita kanker untuk segera membawanya ke rumah sakit dan juga mengurus surat keterangan tidak mampu.

Sementara itu, Lurah Adirejo Rocky Syahbana saat dihubungi via sebuah aplikasi pesan singkatnya menyampaikan, bahwa penderita kanker ganas tersebut adalah warga pindahan dari Kabupaten Lumajang.

“Warga saya yang menderita penyakit kanker itu tidak bisa mengurus SPM karena pindahan dari kabupaten tetangga. Pada bulan Agustus lalu, warga tersebut kembali ke Ardirejo. Kami akan membantu untuk pengurusan dokumen kependudukannya agar dapat membuat SPM dan aga dimemasukkan di DTD AKP,” kata Rocky.

Ditempat terpisah, salah satu keluarga Agus Suminto, Gianto mengatakan bahwa penyakit saudaranya sudah berjalan sekitar 4 bulan-an dan baru mengetahui jenis penyakit yang diderita saudaranya (Agus Suminto) tersebut setelah diperiksakan ke sebuah rumah sakit swasta.

“Kami sekeluarga baru mengetahui penyakitnya itu adalah kanker ganas, setelah ia (Agus Suminto) dibawa ke rumah sakit swasta dan saat itu saudara saya (Agus Suminto) mengeluh pada bagian tubuhnya terasa sakit sekali,” beber Gianto.

Mewakili keluarga Agus Suminto, Gianto menyampaikan terima kasih kepada Lurah Adirejo dan pihak Dinkes Kabupaten Situbondo.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pak Lurah Adirejo karna sangat peduli pada warganya. Berkat pak lurah, dari Puskesmas Panji dan Dinas Kesehatan Situbondo langsung turun dan datang ke rumah dan mengurus DTD AKP-nya saudara saya yang sakit itu,” pungkas Gianto.

Laporan : WN

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove