Pemdes Palengaan Laok Berikan Program Inovasi Desa Pada Karang Taruna

PAMEKASAN, INFODESAKU – Untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas pemuda, Pemerintah desa (Pemdes) Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, memberikan program inovasi desa yang bersumber dari Dana Desa, melalui Bendahara desa Hofi Sugiarto menyerahkan langsung program Inovasi Desa kepada ketua Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri di kediaman Kades Palengaan Laok. Minggu, (29/12)

Ketua Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri Imam Khoirullah mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan Pemdes kepada Karang Taruna untuk menjalankan dan mengelola program inovasi Desa yang bersumber dari dana desa.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan program ini agar bisa memberikan mamfaat bagi masyarakat desa dan membawa kemajuan dalam segala bidang,” ungkapnya.

Imam juga menjelaska program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian desa mengingat Program Inovasi Desa yang dikelola Karang Taruna berbentuk pengelolaan ikan air tawar diantaranya ikan Lele, ikan Emas, juga ikan Nila, namun fase pertama ini dipilih jenis ikan yang paling gampang dikelola, yaitu jenis ikan Lele.

“Kita menjalankannya secara bertahap, untuk fase pertama kita pilih budidaya ikan Lele dengan pertimbangan mudah dalam pemeliharannya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala desa Moh Sa’id saat dikonfirmasi mengatakan bukan tanpa alasan pihaknya memberikan program inovasi desa pada Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri, mengingat keberhasilan Karang Taruna selama ini dalam menjalankan program desa.

“Sangat wajar Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri mengemban amanah ini dalam mengelola program inovasi desa ini karena mereka sudah teruji,” paparnya

Moh Sa’id lebih lanjut menjelaskan tujuan utama dari pengelolaan program ini untuk merangsang jiwa interprener para generasi muda di lingkungan desa, dengan dana yang ada mampu menciptakan lapapangan kerja dan meningkatkan ekonomi desa,

“Pengelolaan dana yang telah dipercayakan kepada Karang Taruna harus berbasis asas kebersamaan dan akuntabilitas yang baik, karena dana ini murni menggunakan dana desa,” tegasnya.

Laporan : Chalik/ Rusman

Related posts

Luar Biasa! Desa Cilebut Barat Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Sadar Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional