Mantan Kades Balekambang A. Kusnadi : Siap Jelaskan Soal Tukar Guling Tanah Kas Desa

SUKABUMI, INFODESAKU – Mantan Kepala Desa Balekambang A. Kusnadi, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Mengakui terkait pemindahan Sembilan rumah dan sebelas kepala Keluarga (KK) ketanah milik Desa, telah sesuai dengan hasil Musyawarah.

Menurutnya, pada waktu itu warga yang terkena pelebaran jalan alternatif Jelegong-Cikolawing memang di tempati di tanah milik Desa, dan di bagunkan lagi sesuai dengan bagunan sebelumnya sekitar tahun 2003, sewaktu itu, dirinya masih menjabat sebagai kepala Desa Balekambang.

Selain itu menurutnya, seharusnya masalah ini sudah terselesaikan di masa jabatannya karena waktu kita melakukan relokasi warga ke tanah milik Desa, itu di dasari oleh keputusan hasil Musyawarah bersama yang melibatkan semua unsur lembaga Desa dan bersama Muspika Nagrak.

“Jadi kalau soal pengantian dari  pemda melalui PU Bina Marga memang ada, tapi hanya untuk pengantian aset Desa yang kita belikan lagi tanah penganti yang terletak di Blok Pesanten milik Ibnu Sukardi (alm) seluas 2320 m2, dan tanah tersebut masih ada sampai saat ini.” Ungkapnya. Jumat (10/01/2020) saat di temui di kediamannya.

Namun Dirinya, juga sangat menyangkan, karna waktu itu kurangnya perhatian dari pemerintah Daerah, Sehingga masalah status tanah desa yang di tempati oleh warga sampai saat ini belum terselesaikan, dan sudah beberapa kali pergantian Kepala Desa.

“Saya harap, masalah ini bisa terselesaikan dengan jalan Musyawarah, mengundang pihak pihak terkait untuk menjelaskan kronologisnya, selagi saya masih ada.” Pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan dari infomasi Kepala Desa yang menjabat saat ini, Yudi Setiadi mengatakan kepada Infodesaku, bahwa tanah penganti yang di beli dari Ibnu Sukardi belum jelas keberadaanya.

“Kalau memang ada di mana lokasinya ? karna akan mempermudah proses pengantian tanah warga yang terpakai.” Jelasnya.

Laporan : Rt/BA

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini