Koramil 1122/Pakenjeng Bersama Warga Menanam Pohon Vetiver

GARUT, INFODESAKU – Koramil 1122/Pakenjeng Kabupaten Garut dipimpin langsung Danramil Kapten Kav Toto melaksanakan penanaman pohon Vetiver di Kp. Awi Tali, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Pakenjeng bersama Masyarakat setempat, Jum’at (07/02/20) lalu.

Tampak hadir dalam penanaman itu Kasi Trantib mewakili Camat Pakenjeng, Ketua RT, RW dan warga dilingkungan yang ikut andil dalam acara tersebut dengan Luas tanah yang ditanami ± 2 Are ( 200M³) berbentuk perengan, lokasi tersebut pada bulan Desember 2019 pernah terjadi longsor tanah, dengan jumlah tanaman Vetiver yang akan ditanam 4 Karung.

Danramil 1122/Pakenjeng Kapten Kav Toto mengatakan, menyikapi sudah masuk musim penghujan sehingga di kuatirkan mengakibatkan terjadi tanah longsor karena seringnya laporan adanya tanah longsor di wilayah Kabupaten Garut,

“Dandim 0611/Garut mengintruksikan ke jajaran Koramil di Wilayah Kodim 0611/Garut untuk menanam pohon Vetiver, di harapkan pohon ini bisa mencegah tanah longsor karena mempunyai akar yang panjang sehingga sangat kuat menahan tanah dan ini juga sudah dibuktikan dibeberapa daerah,” ujarnya.

Lanjut Danramil, Sudah menjadi kewajiban kami untuk membantu kesulitan masyarakat khususnya masalah yang sering terjadi yaitu tanah longsor, Pohon Vetiver ini sangat cocok untuk mencegah tanah longsor sudah dibuktikan di beberapa daerah dan memang terbukti tanah tersebut tidak lagi terjadi longsor.

“Mudah-mudahan dengan ditanamnya Pohon vetiver ini tidak lagi terjadi musibah longsor di wilayah dan sebagai masyarakat di lingkungan wilayah tersebut dapat merasakan dengan Penanaman Pohon Vertier bisa lebih leluasa untuk melakukan berkehidupan untuk menuju tatanan menjadi wilayah yang terbebas dari bencana Longsor sehingga bisa mendorong perekonomian yang lebih mapan.” pungkasnya.

Laporan : Suradi

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove