Balon Ketua DSB Cimahi Berharap Pemkot Kucurkan Dana

CIMAHI, INFODESAKU – Berawal dari dorongan para aktivis Seni di Kota Cimahi, untuk mengembangkan dan memajukan bakat talenta muda dibidang seni dan budaya yang diwariskan secara turun temurun, untuk DSB (Dewan Seni Budaya) Cimahi mulai memperbaharui kepengurusan dan sudah masuk pada tahapan seleksi bakal calon ketua baru yang bertempat di Sektetariat Imah Seni, jalan Pabrik Aci Komplek Ruko Cimahi Squer B.9, dengan menghadirkan Para pakar Seni dan budayawan sebagai Juri. Senin, (10/02).

Menurut Panitia pemilihan, DSB yang keberadaannya telah mendapat keputusan Walikota Cimahi ini sudah menaungi 50 komunitas Seniman dan Budayawan lokal dan bernaung dibawah Dinas Budaya Pariwisata, DSB terus berkiprah dan berkarya agar keberadaannya tetap eksis di Masyarakat Kota Cimahi.

” Kini DSB sedang menunggu ketua baru, tahapan seleksi dalam memilih bakal calon ketua, yang diikuti oleh Lima kontestan yang berasal dari unsur aktivis seni,” jelasnya.

Hermana salah satu balon yang mengikuti bursa ketua DSB mengungkapkan, ada dua aspek yang perlu diperhatikan dalam mengurusi Dewan Seni Budaya, karena harus mengurusi Seni dan Budaya, jika didalam undang undang kebudayaan, ada 10 kelompok didalam seni dan budaya, diantaranya Seni Tari, Teather, Musik, Karawitan, Manu Script, Komunitas Sastra Lisan (Dongeng), Kaulinan Barudak, permainan Tradisional, Komunitas Aksara, pencak silat dan lain-lain.

” Dewan Seni Budaya Cimahi dituntut untuk berperan dalam melestarikan, apalagi satu diantara Destinasi Wisata yang dimiliki Cimahi sebagai Kota Militer, Kampung Cirendeu yang terkenal dengan budaya lokal ketahanan pangan, dimana bahan pokok sandangnya adalah Singkong yang menjadi perhatian Unesco,” ungkapnya.

Hermana juga berharap Masyarakat Seni yang tergabung dalam DSB ini, lebih diperhatikan pemerintah mengenai Financial. yang saat ini tidak dimiliki,

” Semoga Pemkot bisa mengucurkan dana, karena selama ini Seniman yang ada di DSB merupakan Relawan, dimana biyaya oprasional DSB ditanggung sendir,” pungkasnya.

 

Laporan : HERMAWAN

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya