Perangkat Desa Cilebut Timur Dilindungi Jaminan Ketenagakerjaan

BOGOR, INFODESAKU – Menjadi perangkat desa tanpa jaminan ketenagakerjaan merupakan salah satu masalah yang terjadi hampir diseluruh desa yang ada di Kabupaten Bogor. Tapi masalah itu tidak terjadi di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, pasalnya semua perangkat desa Cilebut Timur didaftarkan dalam kepesertaan bpjs ketenagakerjaan.

Muhtar Kelana, Kepala Desa Cilebut Timur belum lama ini melindungi perangkat desanya melalui jaminan tenaga kerja. Bukan hanya perangkat desanya saja yang didaftarkan sebagai peserta jaminan ketenagakerjaan, seluruh ketua RT dan RW juga ikut dilindungi.

“Berangkat dari keprihatinan melihat perangkat desa serta kelembagaan desa(Rt dan Rw) yang tidak mempunyai jaminan kerja selama menjabat, saya mencoba mengalokasikan anggaran untuk mengikutsertakan menjadi pekerja yang dilindungi oleh jaminan tenaga kerja. Dari mulai jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua,” jelas Muhtar.

Lanjutnya, agar perangkat desa serta kelembagaan desa ( Rt dan Rw ) nyaman dalam menjalankan tugasnya, mempunyai jaminan yang pasti selama bekerja dan mendapat santunan yang jelas saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dalam bekerja, seperti kecelakaan kerja dan kematian.

“Langkah ini saya lakukan dalam rangka memberi kepastian jaminan bekerja ketika mereka mendapat musibah ketika beraktivitas, memberikan rasa nyaman saat bekerja sehingga bekerja menjadi perangkat desa bukan hanya sebuah pengabdian tetapi kita apresiasi dengan melindungi mereka,” lanjut Muhtar.

Bahkan ditahun 2021 mendatang Muhtar berencana mengikutsertakan semua lembaga yang ada didesa Cilebut Timur dalam jaminan ketenagakerjaan. Harapannya semua lembaga yang ada di Cilebut Timur dapat bekerja serta bersinergi dengan desa akan lebih maksimal lagi.

“Tahun depan rencananya semua lembaga desa akan kita lindungi pula dengan jaminan tenaga kerja, BPD, LPM, Kader serta guru ngaji akan kita beri jaminan dalam bekerja.” tutup Muhtar diruang kerjanya.

Laporan : AJH

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga