Menko PMK Pantau Penyaluran Bansos di Tangerang

TANGERANG KOTA, INFODESAKU – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memantau langsung penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) di wilayah Kelurahan Babakan dan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten Senin (11/05/2020).

Dalam kunjungannya, Muhadjir Effendy, memuji kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, dalam hal pendistribusian Bansos secara tepat dan cepat.

Hal ini kata Muhadjir, terlihat dari sinergitas antar pemerintah daerah dengan pekerja sosial masyarakat yang mampu memanfaatkan Aplikasi Sidata untuk proses verifikasi data penerima Bansos.

“Pemkot Tangerang telah memiliki aplikasi yang berguna mengidentifikasi penerima yang layak menerima Bansos, sehingga dari segi pengiriman dan penerimanya sudah sangat baik. Hal ini dapat menjadi contoh untuk kota/kabupaten lain agar pendistribusian bantuan dapat tepat sasaran dan cepat dilakukan,” kata Muhadjir di Kelurahan Babakan,

Adapun bantuan yang disalurkan hari ini, diberikan dalam bentuk sembako, yang berisi beras, minyak sayur dan mie instan. Secara berkala, bantuan akan disalurkan kepada penerima setiap dua minggu sekali selama tiga bulan ke depan, tergantung hasil evaluasi.

“Tugas saya sebagai Menko adalah untuk memantau dan memastikan pendistribusian, dari berbagai skema telah berjalan dengan baik. Secara berkala prosesnya akan dievaluasi, sehingga jangan kaget jika ada perubahan di pertengahan penyaluran bantuan karena semua disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan,” kata Muhajir

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah dalam kesempatan yang sama, mengatakan, sebanyak 75.911 bantuan diberikan untuk warga terdampak Covid-19 di Kota Tangerang. Selanjutnya, proses pendistribusian bantuan akan dibantu oleh pihak Kantor Pos Tangerang.

“Tahap pertama pendistribusian bantuan dari Presiden baru disalurkan di dua kelurahan, yaitu Babakan dan Buaran Indah dan menyusul untuk lainnya. Diharapkan dalam waktu satu minggu, seluruh bantuan selesai disalurkan kepada yang berhak menerima,” ujarnya.

Laporan : BR/ Wiji.L

Related posts

Pemerintah Desa Margabakti Adakan Sosialisasi Rembuk Stunting

Pemerintah Kecamatan Parungkuda Adakan Rapat Persiapan Perencanaan PHBN

Monev 10 Program PKK di Desa Cilebut Barat, Begini Kata Ketua TP-PKK Kabupaten