Jalan Babakan Jaya – Bojonglongok Penghubung Tiga Kecamatan Kini Ngageleseur

SUKABUMI, INFODESAKU – Ruas jalan Babakan Jaya- Bojonglongok Kini “Leucir Ngageleser”. ruas jalan Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Parungkuda, Bojonggenteng dan Parakansalak tersebut memiliki Panjang ruas jalan secara keseluruhan 6,40 Km (6400m) dengan Lebar 3m.

Hari ini Ruas Jalan tersebut diresmikan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ditandai dengan prosesi gunting pita, Kamis (13/8/2020).

Rombongan Start di Lapang Sepak Bola Bojong Genteng, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami didampingi Kajari Kabupaten Sukabumi bersama jajaran serta perangkat daerah lainnya mengunakan kendaraan bermotor untuk mengontrol hasil pembangunan ruas jalan Babakan Jaya-Bojong longok. Kedatangan Bupati Sukabumi disambut warga dengan antusias dan menggunakan andong (kendaraan tranportrasi tradisional).

Acep Budiman perwakilan dari tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih atas terbangunnya jalan tersebut, menurutnya awal jalan tersebut terbangun melalui swadaya masyarakat dengan melakukan gotong royong bersama dengan para kepala desa terdahulu.

“Kami atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih atas terbangunnya jalan ini” ucapnya.

Acara inti dilanjutkan dengan pemberian santunan 60 paket sembako untuk anak yatim dan jompo.

H. Marwan Hamami dalam sambutannya terus menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, karena penyebaran Covid-19 masih terjadi dengan masive.

“Kita harus bersama-sama berkomitmen mencegah Covid-19, supaya kondisi cepat pulih dan kehidupan kita kembali normal, harus diketahui Covid-19 menjadi lebih berbahaya jika kena kepada suspect yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes dan lainnya” ungkapnya.

Terkait pembangunan infrastruktur jalan, Bupati menyatalan bahwa wilayah Babakanjaya -Bojonglongok merupakan wilayah dengan potensi tanah subur dan air yang melimpah.

“Hal itu perlu dikelola dengan baik, didukung dengan infrastruktur yang memadai, jalan merupakan infrastruktur startegis untuk mendukung kesejahateran masyarakat” tambahnya.

H. Marwan Hamami juga menegaskan bahwa infrastruktur yang baik secara tidak langsung akan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), akibat infrastrukur jalan dan kesehatan seringkali penyebab angka kematian ibu dan anak.

“Seharusnya pembangunan jalan, sebagaian besar sudah selesai tahun ini, berhubung adanya pengalihan anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 maka hal itu belum bisa dilakukan” imbuhnya.

Hal penting lainnya, disampaikan Bupati seperti terobosan untuk pengembangan pertanian dan pariwisata, sesuai dengan potensi yang ada Kabupaten Sukabumi bisa menjadi Kabupaten sejahtera dengan pengembangan dua bidang tersebut.

Diakhir amanatnya Bupati berharap masyarakat turut berperanserta memelihara dan menjaga infrastruktur jalan yang sudah dibangun, supaya daya guna pakainya berlangsung lama, turut aktif dalam pendidikan anak dan keamanan lingkungan serta bekerjasama mensterilkan lingkungan dari peradaran narkoba.

Menurut Kadis Pekerjaan Umum Kab. Sukabumi, Asep Jafar dibangunnya ruas jalan ini oleh Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum diorientasikan untuk meningkatkan perekonomian dan memudahkan akses pelayanan masyarakat terhadap fasilitas desa, kecamatan dan pendidikan.

“Dilihat dari fungsinya jalan Babakanjaya-Bojonglongok merupakan penghubung poros desa dan poros Kecamatan antara lain Desa babakanjaya dan Desa kompa kecamatan parungkuda, desa cibodas dan desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng serta desa bojonglongok Kecamatan Parakansalak” jelasnya.

Peresmian jalan direspon positif banyak pihak, demikian juga dengan masyarakat setempat, mereka sangat antusias dan gembira dengan selesainya pembangunan jalan tersebut. Arya M Suhada (35) warga Kampung Bojong girang Rt 03/ 05 mengatakan, alhamdulilah jalan sudah dibangun dan hasilnya cukup memuaskan, jujur sejak saya SD jalan ini terakhir dikeraskan, kemudian ancur lagi kaya “wahangan saat”

“Sekarang baru dibangun lagi, terimakasih kepada Bapak Bupati Sukabumi yang telah membangun jalan ini,” ungkapnya antusias.

Bupati juga menyempatkan memberikan motivasi kepada anak anak sekolah dengan memberikan quis menyanyikan hymne sukabumi dan memberikan hadiah dengan maksud mendorong semangat belajar.

 

 

Laporan : Kf/BEN

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA