Perangi Stunting, Desa Ciketak Gelar Rembuk Stunting

KUNINGAN , INFODESAKU – Dalam rangka untuk memerangi stunting atau kasus gizi kronis serta untuk memberikan pemahaman tentang Stunting, Pemerintah Desa Ciketak Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Rembuk Stunting Desa yang bertempat di balai desa Ciketak Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Selasa (25/08) lalu.

Acara ini di hadiri oleh Kades Ciketak, Pendamping Desa Kecamatan Kadugede, Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, TP PKK desa Ciketak, Kader Posyandu, Kader PAUD, Bidan Desa, Perangkat desa serta tokoh masyarakat.

Penyuluhan Rembuk Stunting desa ini yaitu kekurangan gizi balita kepada masyarakat Desa Ciketak Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, khususnya kepada para ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak usia balita dengan harapan nantinya anak yang lahir dalam kondisi sehat dan pertumbuhannya tidak terhambat.

Kegiatan penyuluhan Rembuk stunting desa ini bekerjasama dengan Pendamping desa Kecamatan Kadugede dan Kasi Kesra Kecamatan Kadugede dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya Stunting yaitu kekurangan gizi balita.

Kepala Desa Ciketak Parman, menyampaikan pentingnya menjaga pola makan dan asuh dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya).

“Untuk ibu-ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” jelas Kades.

” Karena saat balita merupakan masa pertumbuhan selain kesehatan dan gizi harus terjamin untuk pertumbuhan anak tersebut,” lanjutnya.

” Serta untuk menekan angka stunting khususnya di Desa Ciketak dan umumnya di Kabupaten Kuningan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sesuai dengan visi misi Kabupaten Kuningan Maju ( Makmur, Agamis dan Pinunjul ).” pungkasnya.

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Forum Sabadesa Sarana Diskusikan Dan Evaluasi Administrasi Desa

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN