Kehadiran Umbi Porang Di Kab.Sukabumi Menarik Perhatian Legislator

SUKABUMI, INFODESAKU – Tanah yang cukup subur di Kabupaten Sukabumi tanam Umbi Porang di bsa meningkatkan Kesejahteraan Petani

BADRI Suhendi (tengah) dan Usep Wawan (kanan) saat meninjau kebun umbi porang di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan.

Tanah subur Kabupaten Sukabumi dipastikan cocok untuk ditanami mayoritas jenis tanaman. Termasuk yang tengah tren saat ini, yakni tanaman umbi porang.

Umbi porang merupakan tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus Muelleri. Sejauh ini, tanaman yang juga dikenal dengan nama iles-iles tersebut dibudidayakan oleh petani di Desa Kertajaya dan Cihaur, Kecamatan Simpenan, dan di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

Kehadiran umbi porang, menarik perhatian dua legislator Kabupaten Sukabumi. Yakni Badri Suhendi dari Fraksi Partai Demokrat, dan Usep Wawan dari Fraksi Partai Gerindra. Bahkan, keduanya meninjau langsung ke kebun petani umbi porang di Kertajaya dan Cihaur, Simpenan, Sabtu (9/1/21).

“Umbi porang ini biasanya diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan. Kemarin kami mengunjungi kelompok tani yang dipimpin Abah Dedi. Kita berikan support untuk pengembangan budidaya umbi porang ini,” terang Badri Suhendi, yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi itu, Minggu (10/1/21).

Dalam peninjauan yang didampingi Camat dan Kapolsek Simpenan tersebut, Badri menjelaskan, terdapat salah seorang pengusaha yang siap membantu proses marketing umbi porang dan hasil olahannya. Bahkan hingga mengupayakan untuk ekspor kedepannya.

“Potensinya sangat bagus. Buktinya bisa tumbuh subur dan jelas akan membawa hasil yang memuaskan bagi para petani. Sekarang saja sudah banyak pesanan langsung kepada para petani,” ungkapnya.

“Saya berharap, para petani lebih fokus dan semangat dalam membudidayakan umbi porang ini. Kualitasnya harus ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing dan meningkatkan kesejahteraan para petani,”jelasnya

Laporan : BA

Related posts

Pukesmas Girijaya Terus Berinovasi Tingkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Masyarakat

Pemdes Cimandala Sosialisasikan Program Samisade

Babinsa Cimandala Lakukan Komsos Secara Rutin