Padat Karya Tunai Untuk Tangkal Dampak Covid-19 di Desa Limtim

GARUT, INFODESAKU – Pemerintah Desa Limbangan Timur (Limtim) Kecamatan Balubur Limbangan berupaya menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan program padat karya tunai desa (PKT). Program ini ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat miskin.Hal itu diungkapkan Kades Limtim di lokasi PKT. Kamis, 21/ 1

Kepala desa Sobarudin lebih lanjut menjelaskan program PKT ini merupakan upaya pemerintah dalam menangkal dampak covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah puasat dan didanai dari Dana desa, dengan harapan bisa menjaga daya beli masyarakar yang terdampak selain itu dampak dari PKT bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat terutama para petani mengingat objek dari PKT kali ini irigasi desa.

“PKT ini besar mamfaatnya bagi masyarakat mengingat objek yang dikerjakan pemeliharaan irigasi desa yang mengairi pesawahan di Dusun Tiga,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kaur Keuangan Budi Muhamad R mengatakan PKT ini merupakan realisasi dari salah satu program penangulangan dan pencegahan covid-19 yang didanai dari dana desa tahun anggaran 2020 dengan titik Irigasi desa Leuwi Bolang yang berada di Dusun Tiga Kampung Banen dan Sasak Beusi RW. 11 dan 12.

“PKT melibatkan 50 orang pekeja yang berasal dari dusun tiga, objek pekerjaaannya membersihkan saluran Irigasi desa. Baru dilaksanakan Januari dikarenakan DD tahap akhir turun di akhir tahun, ” tuturnya.

Otong salah seorang petani mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap pemerintah atas program PKT yang membersihkan irigasi.

” Hal ini sangat tepat dilaksanakan mengingat sekarang musim penghujan, dengan dibersihkannya irigasi tersebut maka air mengalir dengan lancar,” ungkapnya.

Laporan : Bhegin

Related posts

Pukesmas Girijaya Terus Berinovasi Tingkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Masyarakat

Pemdes Cimandala Sosialisasikan Program Samisade

Babinsa Cimandala Lakukan Komsos Secara Rutin