Kades Pangeureunan Bina Generasi Milenial Agar Rancage

GARUT, INFODESAKU – Kepala Desa Pangereunan, Kecamatan Balubur Limbangan E. Sulaeman bina generasi milenial yang tergabung didalam organisasi kepemudan Pangaji (Pangeureunan ngahiji) agar Rancage (bahasa Sunda) yang artinya cakap atau pandai. Minggu, 07/ 03

Ketika ditemui di Ruang kerjanya E. Sulaeman menjelaskan pembinaan terhada Pamuda desa yang tergabung di Pangaji dilakukan secara bertahap, sebagai langkah awal pembinaan dirinya mengenalkan kepada mereka dasar hidup berorganisasi dan menanamkan rasa cinta terhadap desa agar generasi muda desa Rancage.

“Rancage merupakan semangat yang otimistis dan dinamis dari orang sunda dalam menjalani hidup secara berproses atau bertahap menuju yang lebih baik dengan demikian generasi muda bisa mewujudkan desa yang mandiri”, jelasnya.

Dede salah satu anggota Pangaji mengungkapkan dirinya sangat beruntung bisa bergabung dengan Pangaji yang mendapatkan pembinaan secara langsung dari Kepala desa mengenai hidup berorganisasi dan bermasyarakat sehingga menumbuhkan rasa cinta dan semangat untuk membangun desa dengan karya yang bermamfaat bagi masyarakat.

“Salah satu hasil dari pembinaan Pak Kepala desa terbentuknya warung Pangaji yang menyediakan kopi, satelkok dan kebutuhan lainnya bagi pengguna Gedung serba guna Desa Pangeureunan”, ungkapnya.

Kedepanya Kepala Desa E. Sulaeman akan mengadakan pelatihan berbagai keterampilan dan kewirausahaan bagi para pemuda dan pemudi agar terwujudnya generasi muda yang Rancage.

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra