PKM Girijaya Siap laksanakan Program ODF Di Empat Desa.

SUKABUMI, INFODESAKU – Maman Suparman, S.K.M. M.Si. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Tindak lanjuti pertemuan terkait ODF (Open Defecation Free) tingkat kecamatan di beberapa desa yang berada di wilayah Puskesmas Girijaya.

Empat Desa yang berada di wilayah pelayanan Puskesmas Girijaya yaitu Desa Girijaya, Desa Darmareja, Desa Kalaparea dan Desa Babakanpanjang. Akan menjadi target dalam program pemerintah kabupaten Sukabumi, sesuai dengan Peraturan Bupati ( PERBUP) nomor 01 tahun 2021 Tentang Stop Buang Air Besar Sembarangan. Secara serentak di laksanakan di semua wilayah yang ada di kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, empat desa yang ada di wilayah Puskesmas Girijaya baru sekitar 60% masyarakat yang mempunyai jamban sehat. 40 % masih mengunakan cara tradisional dengan mengunakan kolam dan parit sebagai media tempat pembuangan Buang Air Besar (BAB) karna masih minimnya sarana jamban sehat untuk Umum di empat desa.

Melalui Program ODF, kata dia, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya pengunaan jamban sehat umum, minimal satu desa memiliki satu jamban sehat.

“Untuk mempercepat dan mendukung program pemerintah daerah terkait ODF tentu saja diharapkan sinergitas dan kerjasama dari semua pihak,” kata dia, Jum’at (26/03/2021) saat menghadiri kegiatan percepatan ODF di Desa Girijaya.

Dikatakan, ada beberapa hal penting untuk mendukung percepatan program ODF untuk bisa segera dilaksanakan melalui ‘Wistara Juara ODF Bisa’ diantaranya secara teknis harus segera dibentuk:

1. Desa harus segera mengeluarkan Peraturan Desa (PERDES) ODF.

2. Segera di bentuknya Satuan Tugas (SATGAS) ODF di tingkat desa.

3. Melaksanakan Lelang Kebaikan terkait pembuatan jamban sehat komunal untuk umum.

4. Menjalin Komunikasi dan Sinergi dengan semua pihak termasuk juga dengan lintas Kesehatan.

Beberapa poin diatas diharapkan mampu mendorong percepatan program ODF dalam pembangunan jamban sehat umum.

“Kita akan berusaha mengoptimalkan semaksimal mungkin untuk mendorong program ODF tersebut di wilayah Puskesmas Girijaya, walaupun di masa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Program ODF harus di dukung oleh semua lapisan masyarakat, guna meningkatkan kualitas dan mutu kesehatan masyarakat di setiap desa.

“Kita harapkan masyarakat dapat memahami dan ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan program pemerintah terkait ODF,” pungkasnya.

Laporan : Rudi T

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini