Pemdes Sukadamai Optimis Samisade Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

BOGOR, INFODESAKU – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus bergulir di sejumlah desa di Kecamatan Sukamakmir. Program tersebut diantaranya berjalan melalui pembangunan infrastruktur desa, begitu pula dengan Pemerintah Desa Sukadamai yang sedang membangun jalan sepanjang 1334 Meter, lebar.2, 5 Meter dengan ketebalan 0, 15 Meter, di Kampung Pasang Bedil RT. 01/ RW 06. Kamis, (18/11) lalu.

Kepala desa Apud Syaripudin menjelaskan pembangunan jalan yang dimulai dari pengerasan sampai betonisasi dikerjakan oleh warga setempat lewat program padatkarya tunai dengan jumlah anggaran Rp. 1000.000.000,00 yang bersumber dari program Samisade

“Diharapkan dengan dibangunnya jalan ini bisa mendongkrak roda perekonomian masyarakat”, harapnya.

Apud pun mengungkapkan dengan dibangunnya jalan tersebut bisa mengurangi biyaya oprasional para petani. Dulu para petani untuk mengangkut pupuk dan hasil panen terlalu beasar diongkos karena harus pake roda dua.

“Dengan dibangunnya jalan ini para petani pun semakin mudah membawa hasil pertaniannya disamping itu jalan ini kedepanya bisa menjadi jalan wisata menuju bendungan kali Ciomas”, ungkapnya.

Diakhir wawancara Apud menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Ade Yasin yang telah meluncurkan program Samisade sehingga bisa membangun jalan ini. Bila mengandalkan dana desa mungkin tidak akan cukup untuk membiyayai pembangunan jalan sepanjang 1.334.

Ketua Tim pelaksana kegiatan (TPK) Atang juga menyampaikan rasa terhadap Bupati Bogor yang sudah memberikan bantuan samisade yang mana bantuan tersebut sangat membantu sekali untuk pembangunan infrastuktur khusnya jalan desa yang mana jalan tersebut diharapkan bisa mendongkrak roda perekonomian masyarakat.

“Jalan ini memang ditunggu tunggu oleh masyarakat karena jalan dipake oleh para petani untuk membawa hasil pertaniannya. Dengan dibangunnya jalan ini kendaran roda empat bisa masuk dan para petani pun tidak lagi kesusahan lagi untuk membawa hasil pertaniannya”, tuturnya.

 

Laporan : ENDANG MULYANA

Related posts

Iwan Setiawan Akan Bangun Akses Jalan Kawasan Wisata Lebih Baik, Untuk Mendorong Babakan Madang Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

Iwan Setiawan Pastikan Pengamanan Idul Fitri 1444 H Berjalan Dengan Baik

Melalui Layanan Samsat Ngabuburit, Pemkab Bogor Sinergi Dengan Samsat Tingkatkan Budaya Taat Pajak