Samisade Tahap Satu, Pemdes Jagabaya Bangun Jalan Penghubung ke Desa Lain

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya bangun jalan akses penghubung ke Desa Gorowong, pelaksaan pembangunan jalan taklain dari program satu miliar satu desa (Samisade), tahap satu akan rampung sebelum akhir tahun 2021.

Pembangunan jalan sekaligus diresmikan tersebut di Kampung Ciresek Desa Jagabaya Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor, Kamis (16/12/2021). Diharapkan, bisa berjalan lancar tan ekses.

“Jalan ini kita realisasikan tahap satu dengan 40 persen dengan nilai anggaran RP. 187 juta. Mudah-mudaha pengerjaan jalan betonisasi ini bisa selesai sebelum akhir tahun, “ujar Diyan Sekertaris Desa Jagabaya di lokasi.

Ia mengatakan, pemerintah desa Jagabaya mengajukan program Samisade satu Miliar. Namun pada tahap pertama kita mendapatkan bantuan Samisade untuk membangunan jalan desa senilai RP. 327, juta.

“Pada tahap ke dua kita akan realisasikan lagi, karena jalan desa di Jagabaya masi banyak yang masi rusak. Untuk saat ini, jalan yang kita bangun menghubungkan ke desa Gorowong, untuk meningkatkan ekonomi petani dan masyarakat secara umum, “harapnya.

Sementara itu Camat Parungpanjang Icang Aliyudin menyampaikan, pada tahap pertama 40 persen senilai RP. 187 juta dari nilai anggaran keseluruhan RP. 327 juta dari bantuan program Samisade, untuk bangun jalan desa.

Menurutnya, bantuan dengan nilai seperti ini karena usulan yang kurang panjang sehingga realisasi anggaran hannya RP. 327 juta, untuk pelaksaan pembangunan jalan akses antar desa. Jalan ini bisa tembus ke desa Gorowong.

“Program samisade untuk di wilayah Kecamatan Parungpanjang kita prioritaskan untuk penghubung desa dulu, srhingga desa bisa ber’akselerasi memperlancar jalur perekonomian dan bisa mempasilitasi kebutuhan masyarakat, “tuturnya.

 

Laporan : Jony

Related posts

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Pemdes Tajimalela Berkeringat Bersama Warga

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional