Lintas Sektor Puskesmas Bojong Gede Kab.Bogor, Siap Bantu Penanganan ODGJ Bersama RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Lintas Sektor dari Puskesmas Bojong Gede Kab.Bogor, yang terdiri dari Aparat Kecamatan Bojong Gede, Kaur Kesra Desa Bojong Baru, Rawa Panjang, Kelurahan Pabuaran, TKSK Kecamatan, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pendamping ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Kader, Relawan, dll, siap bantu penanganan ODGJ yang berada diwilayah kecamatan Bojong Gede, dengan ikut serta menghadiri kegiatan Pendampingan Psikiater dan Edukasi Kedehatan Jiwa Masyarakat bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang digelar di Aula Puskesmas Bojong Gede, yang berlokasi di Jl.Puskesmas, Bojong Baru, Kec. Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16920. Rabu (09/03).

Kegiatan Pendampingan Psikiater dan Edukasi Kesehatan Jiwa Masyarakat ini, merupakan kerjasama yang apik antara Dinas Kesehatan Kab.Bogor melalui Puskesmas Bojong Gede dan Dinas Sosial Kab.Bogor melalui Pendamping ODGJ, PSM, TKSK, dll bersama RSJMM.

Kepala Puskesmas Bojong Gede : dr. Sonny Budiman, yang didampingi Ella Nurlaela AMd.Keb. sebagai Programer Kesehatan Jiwa, tampil perdana memberikan laporan didalam maupun diluar sambutanya.

“Puskesmas Bojong Gede memiliki luas sekitar 600 M2, berdiri diatas lahan seluar 700 M2, dengan total petugas sebanyak 72 orang, terdapat 110 ODGJ yang tercatat, dengan 70 ODGJ yang aktif berobat, dengan pelayanan kegiatan jiwa seperti : Pemeriksaan ODGJ, Home Visite, Pendampingan Minum Obat, Rujukan ODGJ, Pendampingan dan Edukasi Kesehatan Jiwa Bersama RSJMM.” Tuturnya.

Aparat Kecamatan Bojong Gede : Ishak Iskandar, S.AP, MA., memberikan dukungannya terhadap pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan oleh Puskesmas Bojong Gede dan mengucakan terima kasih terhadap RSJMM.

“Kami melihat perjuangan Puskesmas Bojong Gede dalam menangani ODGJ dan kami mendukungnya, kami juga mengucapkan terima kasih terhadap RSJMM yang memberikan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan jiwa kepada warga Bojong Gede.” Jelasnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Penanggung Jawab Kegiatan Pendampingan Psikiater dan Edukator Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, dihadapan 30 peserta dari Lintas Sektor, Petugas Puskesmas, Keluarga dan ODGJ, membawakan penyuluhan tentang Peran Lintas Sektor dalam Pelayanan Kesehatan Jiwa di Masyarakat, yang disambut dengan antusias dan tepuk tangan dari seluruh peserta, yang disajikan dalam bentuk presentasi, pemutaran video, berbagi pengalaman dan diskusi tanya jawab.

9 ODGJ yang hadir ke lokasi acara yang didampingi oleh keluarganya masing-masing, berhasil di lakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dr. Rinintha Mardiani, Sp.KJ. sebagai Psikiater RSJMM, yang didampingi oleh dr Dyah Aryani, sebagai dokter Puskesmas Bojong Gede dan 2 Koas dari Universitas Islam Negri (UIN) Jakarta.

Ke-30 peserta berphoto bersama Petugas Puskesmas Bojong Gede dan RSJMM, dan dipungkas dengan penyerahan cindera mata berupa Kalender dan Majalah Dholphin sebagai Majalah Kesejatan Jiwa RSJMM kepada Kepala Puskesmas dan Aparat Kecamatan Bojong Gede Kab.Bogor.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana