2000-an ODGJ, Siap Ditangani Lintas Sektor Kab.Serang, Didukung RSJMM

SERANG, INFODESAKU – 2000-an ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tepatnya 2139 ODGJ, yang tersebar di 29 Kecamatan, 226 Desa dan 31 Puskesmas, siap ditangani oleh lintas sektor Kabupaten Serang Provinsi Banten, yang didukung oleh RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. Hal tersebut disepakati saat digelarnya kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat antara RSJMM bersama Pemkab Serang melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang dilakukan di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung Dinsos Kab.Serang, yang berlokasi di Jl.Raya Serang Petir Desa Cilaku No.1 Kec.Curug Kota Serang. Jum’at (25/03).

Drs.Subur Prianto, M.Si., selaku Kepala Dinas Sosial, yang didampingi H.Yusan Wahyusena, S.Sos. M.Si., sebagai Kabid Rehsos Dinsos Kab.Serang Banten, membuka pertemuan dengan ucapan terimakasih kepada RSJMM,

“Terimakasih kepada RSJMM yang telah hadir dan akan membantu memfasilitasi perawatan dan pengobatan ODGJ atau Disabilitas Mental Kab.Serang di RSJMM.” Ujarnya.

dr.Istianah Harianti, sebagai Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Dinkes Kab.Serang, melaporkan kondisi penanganan ODGJ Kab.Serang,

“Terdapat 2139 ODGJ yang terdaftar di Dinkes, Kab.Serang mempunyai 1 RSUD dan 4 RS Swasta, namun semuanya belum mempunyai fasilitas rawat inap untuk ODGJ. Infonya tahun 2023, Provinsi Banten akan mendirikan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat, semoga bisa realisasi. Kab.Serang pernah menangani kasus pembebasan 40 ODGJ Pasung, bekerjasama dengan RS Grogol.” Jelasnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kab.Serang, : Dimas Panduasa, S.Kep. M.Epid, siap mendukung perekaman dan pembuatan data kependudukan bagi .ODGJ, sehingga ODGJ bisa membuat JKN-BPJS.

Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang didampingi oleh Andriati Ginting, SKM., dan Eris Kristian, AMd., menyampaikan pemaparan terkait Profile, Layanan RSJMM dan Kerjasama Pelayanan Kesehatan Jiwa yang bisa disepakati bersama, yang dipungkas dengan pemutaran video kegiatan Instalasi PKRS RSJMM.

Acara diakhir dengan dipenyerahan cendera mata berupa kalender dan majalah Dholphin dari RSJMM ke Dinsos, Dinkes dan Disdukcapil Kab.Serang, seraya lintas sektor bersepakat untuk menanani ODGJ Pasung, ODGJ terlantar secara sinergi, dengan rencana pembentukan satgas penanganan ODGJ bersama-sama.

 

🖐Stop Paung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana