Tips Sehat Dr Cecep Sutisna Usai Momen Lebaran Idul Fitri 1443 H

SUKABUMI, INFODESAKU – Beginilah Tips sehat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran setelah lebaran, perlu diketahui agar tubuh kita bisa menghindari berbagai penyakit setelah mengonsumsi makanan-makanan penuh lemak ketika hari raya Idul Fitri 2022.

Menurut Dr Cecep Sutisna mengatakan, ada baiknya kita selalu memperhatikan kesehatan keluarga usai momen lebaran, dengan berolah raga dengan teratur dan mengkomsumsi makanan yang bergizi agar tubuh terhindar dari sumber penyakit.

“Usai lebaran biasa nya banyak warga yang sakit, berkemungkinan dari faktor makanan yang dihidangkan saat lebaran. Biasanya di sebabkan oleh pola makan yang mengandung lemak dan minuman yang manis-manis yang mereka komsumsi saat lebaran,” kata Dr Cecep yang juga selaku PLT di RSUD Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi, Kamis (05/05/2022).

Lanjutnya, pada hari lebaran tentu saja berbagai makanan tersedia mulai dari ketupat, opor ayam hingga kue dan minuman manis yang susah untuk ditolak, terlebih lagi makanan dengan kandungan lemak tinggi, karbohidrat dan juga gula itu bisa berbahaya. Maka dari itu, supaya tubuh terhindar dari penyakit, kita harus membatasi makanan lebaran yang menjadi penyebab naiknya kolesterol serta berbagai penyakit lain.

“Maka dari itu, pentingnya menghindari makan lemak tinggi dan minum manis secara berlebihan,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, faktor cuaca pun mempengaruhi kesehatan kita, apalagi saat ini sudah ada kasus DBD ditemui dibeberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi. Masyarakat harus lebih berhati-hati agar selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama menutup rapat-rapat tempat penampungan air dan selalu membersihkan area atau tempat nyamuk berkembang biak.

“Kalau ada anggota keluarga yang sakit segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Bagi masyarakat yang tinggal di pelosok siapkan selalu obat penurun panas dan obat lainnya dirumah,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Rt

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Puluhan Balita Desa Cadasngampar Terima Imunisasi Polio

Kesehatan Reproduksi Perempuan Dalam Kasus Pernikahan Dini dan Dampaknya Bagi Generasi Penerus