Sukabumi Menjadi Barometer Dalam Pelaksanaan Pilkades Nasional

SUKABUMI, INFODESAKU – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri bersama rombongan pantau langsung proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022. Minggu (08/05/2022).

Pilkades yang dilaksanakan di 70 Desa yang tersebar di 36 Kecamatan tersebut secara bersamaan diselenggarakan pada hari Minggu 8 Mei 2022. Pemkab Sukabumi sebelumnya telah melakukan persiapan terpadu melibatkan semua unsur untu mewujudkan terjaminnya kondusifitas wilayah, serta aman dan lancar pelaksanaan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Kabupaten terluas kedua se-Jawa dan Bali ini, menjadi barometer nasional dalam pelaksanaan pilkades sekaligus dijadikan pilot project Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) terkait penerapan sistem TPS.

Untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan kondusif, aman dan lancar, Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri melakukan monitoring di beberapa wilayah pemilihan, lain di wilayah Kec. Cicurug, Kecamatan Cidahu, Kec. Parungkuda, Kec.Ciambar dan Kecamatan Nagrak.

Dikatakan Wabup, Hasil monitoring wilayah menunjukan pelaksanaan pilkades serentak berjalan lancar, baik dan tertib.

“Dalam melaksanakan ditugaskan monitoring di 5 kecamatan pilkades serentak di Cicurug, Cidahu, Ciambar, Parungkuda dan Nagrak, alhamdulillah, berdasarkan pantauan, pilkades terlaksana dengan tertib dan lancar” ungkapnya.

Wabup menambahkan, partisipasi hak pilihnya juga sangat signifikan sesuai dengan estimasi.

“Dengan demikian, kita berharap, Pilkades merupakan momentum startegis untuk membangun desa, semua unsur harus bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sukabumi yang religius maju inovatif sejahtera lahir dan batin” tambahnya.

Mengenai pencegahan Covid 19, H. Iyos menyebutkan bahwa berdasarkan pantauan kedisiplinan standar kesehatan masih bagus, mulai panitia, panwas kemudian masyarakat yang hadir menerapkan protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan Monitoring tersebut, Camat Cicurug, Camat Cidahu, Camat Parungkuda, Camat Ciambar, Camat Nagrak, BKPSDM, Bappelitbangda, Inspektorat, Dishub, Satpol PP, Damkar dan unsur lainnya.

 

 

Laporan : Rudi T

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA