150 Lansia di PPSGL Provinsi Jabar, Siap Konsultasikan Kesehatan Jiwa Bersama RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Sebanyak150 Lansia penghuni Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia (PPSGL) Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Jl. Raya Pacet No.161, Pakutandang, Kec. Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40381, siap untuk konsultasikan kesehatan jiwa lansia bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor.  Jum’at (20/05).

Hal tersebut terungkap dari permintaan beberapa karyawan PPS Griya yang mengurus lansia kepada RSJMM, saat digelarnya kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat di Gedung Aula PPSGL Ciparay Bandung, yang dibuka langsung oleh Kepala UPTD PPSGL Bandung yaitu, : H.Ade Irwan, S.Sos., M.Si., yang didampingi oleh Drs.Yandi Darojat, M.Pd., sebagai Kepala TU UPTD PPSGL Bandung, dalam sambutanya, yang dihadiri oleh sekitar 25 peserta dari UPTD PPSGL Ciparay Bandung, Satpel PPSGL Karawang dan Satpel PPSGL Garut, menyampaikan terimakasih kepada RSJMM.

“Semoga kita bisa menjalin kerja sama kolabarasi dan bersinergi RSJMM dan UPTD PPSGL. Bagi lansia yg mengalami gangguan mental ditempat kami bisa dirujuk ke RSJMM.” Tuturnya.

UPTD PPSGL Ciparay Bandung, berdiri diatas lahan seluas 19.070 M², dengan luas bangunan sekitar 12.300 M², sekarang dihuni oleh 150 orang lansia, yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat, dengan 68 orang karyawan, mempunyai berbagai kegiatan bimbingan dan kegiatan keterampilan bagi para lansia antara lain : Bimbingan Sosial, bimbingan Spiritual, bimbingan mental, bimbingan fisik seperti Senam, kesenian, keterampilan menjahit, olahan telor asin, konektor masker, dll.

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSJMM, : Ns.I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., menyampaikan maksud dan tujuan digelarnya Advokasi Kesejatan Jiwa ke Griya Lansia Ciparay Bandung.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai PJ Lintas Sektor dan Integrasi, memberikan pemaparan terkait profile dan layanan RSJMM, serta sinergi layanan kesehatan jiwa bagi penghuni griya lansia, seperti layanan konsultasi, layanan rujukan rawat jalan dan rawat inap di Pelayanan Geriatri Terpadu (PGT) RSJMM, yang dipungkas dengan pemberian Doorfrize berupa Kalender dan Majalah Kesehatan Jiwa “Dholphin” serta pemutaran video kegiatan layanan kesehatan jiwa PKRS RSJMM.

Tim Advokasi Kesehatan RSJMM, kemudian diajak berkeliling melihat-lihat tempat tinggal para lansia, tempat kegiatan keterampilan dan tempat perawatan pasien lansia, bahkan dibeberapa lokasi diajak untuk berphoto ria dengan para lansia dan petugas yang merawatnya.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS PKJN RSJMM

 

 

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana