Suksesnya Pilkades Serentak Siklus I Ini Kata Kadis “Tidak Lepas Peranserta Semua Pihak”

SUKABUMI, INFODESAKU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Gun Gun Gunadi mengatakan secara umum Proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi berjalan dengan baik. Jum’at (20/05/2022).

Suksesnya, Pilkades yang dilaksanakan di 70 Desa yang tersebar di 36 Kecamatan tersebut secara serentak yang diselenggarakan pada hari Minggu 8 Mei 2022 lalu. Tentu saja tak terlepas dari peran semua pihak yang ikut serta membantu perhelatan tersebut.

“Sesuai dengan yang di sampaikan oleh Bupati Sukabumi, secara umum Pilkades berjalan dengan baik,” ungkapnya.

lanjutnya, walaupun ada beberapa dinamika di beberapa Desa terkait dengan proses hasil Pilkades, kita memberikan ruang kepada masyarakat yang tidak puas untuk melaporkan kepada Panitia Pengawas Pilkades untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Jadi semuanya, ada aturan sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku,” kata dia.

Jadi untuk pemilih di Pilkades ini, beda dengan proses pemilihan umum lainnya. Untuk Pilkades yang berhak menyalurkan hak pilih adalah mereka yang terdata dalam Data Pemilih Tetap (DPT).

“Intinya, para pemilih di Pilkades tahun ini, harus terdata sesuai dengan DPT yang telah di verifikasi oleh pihak pelaksana Pilkades. Walaupun proses pendataan DPT terkesan sangat singkat, namun pelaksana telah berupaya semaksimal mungkin,” Pungkasnya.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Forum Sabadesa Sarana Diskusikan Dan Evaluasi Administrasi Desa

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN