ODGJ Berat Se-Kota Banjar, Siap Dievakuasi Masal, Untuk Dirawat dan Diobati, Oleh Pemkot Banjar Bersama PKJN-RSJMM

BANJAR, INFODESAKU – Tidak mau kalah dari 18 Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Jawa Barat dalam melakukan terobosan Promosi Kesehatan Jiwa berupa Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Kota Banjar mulai bersiap-siap, untuk menggelar acara akbar yaitu Pemeriksaan dan Evakuasi Masal Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Berat Se-Kota Banjar. Hal tersebut disepakati saat digelarnya kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat antara Pemerintah Kota Banjar, yang dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari : Dinas Kesehatan bidang PTM Keswa, Dinas Sosial bidang P3A, Satpol-PP, Programer Keswa Puskesmas se-Kota Banjar, Relawan Jabar Bergerak Kota Banjar, Relawan Peduli Keswa, LKS Bakti Asih Kota Banjar, dll bersama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor, yang digelar di Aula Puskesmas Pataruman I Kota Banjar, yang berlokasi di JL. Mayor Jenderal Lili Kusumah, No. 455, Kel. Hegarsari, Kec. Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat 46321. Jum’at (24/06).

Kepala Bidang, P2P Dinkes Kota Banjar, : dr. Hj. Ika Rika Rohantika, yang didampingi oleh Rusyono, SKM., M.M., sebagai Kabid. Yankes Dinkes Kota Banjar, dan Hj. Imas Masruroh Fuadiyah, SKM, M.M. sebagai Kasie P2PTM Keswa Napza Dinkes Kota Banjar, melaporkan pelayanan kesehatan jiwa di Kota Banjar. Ada sekitar 267 ODGJ yang tercatat di Dinkes Kota Banjar, yang tersebar di 4 kecamatan, 25 Desa atau Kelurahan dan 10 Puskesmas.

“Sedangkan penanganan kesehatan jiwa, biasanya dilakukan di puskesmas dan rujukan rawat inap jiwanya diantarkan ke RSUD Kota Banjar dan RSUD Banyumas Jawa tengah bila penuh,” terangnya.

Harapan Kota Banjar kepada RSJMM, yang diungkapkan oleh Kasie P2PTM Keswa Napza, “Semoga terjalin kemitraan yang erat dalam peningkatan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat di Kota Banjar, baik dalam hal peningkatan kapasitas petugas maupun dalam pelayanan langsung kepada ODGJ.” Harapnya.

Harapan tersebut disambut baik oleh Ns.Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., sebagai Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) PKJN-RSJMM, melalui sambutan dan penyampaian maksud serta tujuan pelaksanaan kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat ke Kota Banjar.

Iyep Yudianan, SKM. MKM., sebagai Penanggung Jawab Lintas Sektor dan Integrasi PKRS PKJN-RSJMM, memberikan pemaparan prihal Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, meliputi : Profile dan Layanan RSJMM, Penanganan ODGJ Pasung dan ODGJ Terlantar, Sistem Rujukan, Jaminan Kesehatan dan Penawaran Kerjasama Program kegiatan Pelayanan Kedehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Kota Banjar

30 peserta yang hadir serempak berkomitmen untuk menggelar acara Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Kota Banjar pada Minggu Ke-3 Bulan September 2022, sesuai Jadwal kegiatan RSJMM yang sudah disepakati dengan kota dan kabupaten lain yaitu : Garut diawal Tahun 2022, Cianjur di Bulan Mei, Majalengka di Bulan Juni, Pangandaran di Bulan Juli, Kab.Tasikmalaya di Bulan Agustus dan Kota Banjar di Bulan September 2022.

Kegiatan dipungkas dengan penyerahan Cenderamata berupa Kalender dan Majalah Kesehatan Jiwa PKJN-RSJMM, secara simbolis dan photo bersama dari seluruh peserta.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : red/PKRS PKJN-RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana