Musrembangdes Desa Sukabaru, Penyusunan RKPDES Tahun Anggaran 2023 Prioritaskan Air Bersih Dan Rutilahu

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintahan Desa Sukabaru Melaksanakan Musrembangdes Tahun 2022 Guna Penyusunan RKPDES Tahun Anggaran 2023.yang dilaksanakan di Balai Desa Sukabaru Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh Hermawan Sekcam Penengahan, Abid Yusup kepala Desa Sukabaru, Susanto Babinkamtibmas Harmoni Ketua BPD Desa Sukabaru, kader PKK, ka UPT se- kecamatan penengahan, Tokoh Masyarakat , tokoh Adat ,tokoh pemuda serta seluruh Aparatur Desa Sukabaru.

Anfal Musthofa Sekdes Sukabaru menjelaskan, Untuk Desa Sukabaru itu yang di E-planning di 2023 ,fokus utama kita disini adalah ketersediaan Air Bersih , terutama untuk di Dusun 2.

“Karena di dusun 2 ini memang ketika kemarau masyarakat disini kesulitan untuk Akses Air Bersih, jadi prioritas kami masukan kegiatan sumur bor, sumur bor untuk di kegiatan Dinas Perkim ( perumahan dan pemukiman). Penyediaan Air Bersih di Masyarakat itu fokus utama kami,” ucap Anfal Sekdes Sukabaru.

Lebih lanjut, Kemudian prioritas ke 2 fokus untuk program Rumah Tidak Layak Huni ( Rutilahu), jadi ini target kepala desa memang setiap tahun itu minimal 5 rumah , jadi 5 rumah yang untuk dilakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni itu jadi prioritas Untuk Desa Sukabaru. Kalau Ketahanan pangan memang fokus kita, karena kebanyakan lahan pertanian kita jauh dari akses jalan, jadi kami masukan ke e- planning untuk pengusulan di jalan usaha tani.

” Jadi tujuannya supaya akses petani kita untuk pengangkutan hasil bumi dan sebagainya sudah ada, insyaalloh itu bisa memangkas biaya operasional pertanian,” jelasnya.

Masih kata Anfal menambahkan, Pemerintahan Desa Sukabaru di periode bapak Abid Yusup ini ada target peningkatan perekomian masyarakat bisa lebih baik lagi, karena memang termasuk satu program dari bapak presiden Jokowi, lebih ke untuk peningkatan perekonomian masyarakat terutama di bidang pertanian karena memang sebagian besar masyarakat Sukabaru adalah dari bidang pertanian.

“Harapan kami semua yang menjadi usulan kami terealisasi,tapi kami tidak lepas dari apa yang sudah menjadi aturan di pemerintah dan kami akan tetap mengikuti itu,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA