Kades Sri Basuki Batanghari, Disinyalir Mark Up Anggaran pembangunan jalan usaha tani ( JUT )

LAMTIM, INFODESAKU – Disinyaliroknum kepala Desa Sri Basuki kecamatan Batang hari kabupaten lampung Timur Mark up nggaran pembangunan jalan usaha tani ( JUT ), sumberdana dari Dana Desa (DD), warga setempat mengeluhkan jalan cor rabat beton tersebut ,karna tanpa di buatkan badan jalan terlebih dahulu Senin, (02/01/2023).

Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian, untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan hasil produksi dari lahan pertanian.

Salah satu warga Dusun 2 Desa Sri Basuki mengatakan, anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 masih tahap pengerjaan di bulan Januari tahun 2023 yang berarti tertunda di tahun 2022 pelaksanaannya.

“Kami kecewa jalan yang di bangun tersebut tanpa di buatkan badan jalan terlebih dahulu,malah langsung di cor rabat beton,yang mana rumput- rumput nya belum d bersih kan dahulu,” ujarnya salah satu warga yang mana namanya minta di rahasiakan.

Menurut sumberdaya dan hasil investigasi awak media infodesaku.co.id. Tahap 2 Dana Desa (DD) Desa Sri Basuki,di terima tanggal 5 Juli 2022, namun pelaksanaan pembangunan jalan cor rabat beton di Desa Sri Basuki masih di kerjakan pada bulan Januari 2023, kuat dugaan Dana Desa (DD) tahun 2022 tahap 2 di selewengkan oknum kepala Desa .

Di lokasi pembangunan yaitu di Dusun 2 awak media infodesaku co.id.bertemu ,Ikwanto selaku kasi pelayanan mengatakan, Ada 2 titik pembangunan  jalan usaha tani ( JUT ) cor rabat beton yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2022.

“Benar ada di dua titik pembangunan namun untuk lebih jelasnya, kenapa pelaksanaan belum selesai tanyakan saja dengan Kepala Desa Sri Basuki, kemungkinan 2 hari lagi pembangunan ini selesai.” kata Ikwanto.

Sedangkan menurut data pembangunan / rehabilitasi/ peningkatan jalan usaha tani tersebut yaitu:

Pembangunan jalan usaha tani cor rabat beton  UK ( 610 x 0,1 x 2 M ) anggaran Rp 137.582.073 realisasi Rp 112.817.300. di cair kan pada tahap 2 Tahun 2022, dan di realisasikan pada tahap 3 tahun 2023. Sampai berita ini di terbitkan  Kepala Desa Sri Basuki belum bisa di konfirmasi.

 

Laporan: Ridwan.

Related posts

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Pemdes Tajimalela Berkeringat Bersama Warga

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional