Lantik Kades PAW Sirnagalih dan Cipambuan, Plt. Bupati Bogor Minta Kepala Desa Harus Bisa Menjadi Negarawan

BOGOR, INFODESAKU – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan melantik Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) terpilih yaitu Mutiara Iqlima untuk menjadi Kepala Desa Sirnagalih Kecamatan Jonggol dan Dadang Darajat Kepala Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Drs H Mulyadi MMA Anggota DPR RI Komisi V Dapil Jabar V, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Amin Sugandi SE MM, H Ansyori, Kadis DPMPD Kab Bogor Reynaldi Yusaf, Kadis Komimfo Kab Bogor Drs Bayu Ramawanto, Camat Jonggol Andri Rahman S,STP MSi, Camat Babakan Madang Drs Raden Makmun Nawawi MSi, Sekcam Jonggol Gogo Badarudin, Kasiepem Jonggol Dedi Hidayat, Penjabat Kepala Desa Sirnagalih Dadang Yazid Bustomi, Kapolsek Jonggol Kompol Mulyadi Asep Fajar SH, Danramil Jonggol, Mayor ARM Edi Suryana, Para Kepala Desa Sekecamatan jonggol, para UPT Sekecamatan Jonggol, BPD Sirnagalih, Panitia Pilkades PAW, seluruh masyarakat Desa Sirnagalih. Yang bertempat di halaman Desa Sirnagalih Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Pada Jum’at (06/01/2023).

Plt Bupati Bogor mengatakan, bahwasannya Pemilihan Antar Waktu (PAW) ini merupakan suatu keniscayaan. Dan dirinya berpesan sebagai penerus estafet kepemimpinan di Desa, dirajut kembali, persatukan kembali masyarakat Sirnagalih dan Cipambuan, pro-kontra dalam politik sudah biasa.

“Kepala Desa harus bisa menjadi negarawan, tidak memilih ataupun memilah pendukung atau bukan pendukung, seluruh warga Sirnagalih dan Cipambuan adalah warga Bapak dan Ibu yang saat ini sudah dilantik,” kata Plt Bupati Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan yakin kepala desa yang baru dilantik ini dapat membawa desanya menjadi desa yang aman, nyaman dan berfokus pada pelayanan masyarakat dan pembangunan.

Iwan juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor merupakan satu-satunya pemerintah yang peduli terhadap desa.

“Kita memiliki banyak anggaran untuk desa, ada BHPRD, DD, ADD, dan yang satu-satunya di Indonesia yaitu bantuan keuangan samisade (satu milyar satu desa). Ini merupakan hadiah dari Pemerintah Kabupaten Bogor untuk desa, karena ingin terlaksananya percepatan pembangunan di desa. Kami minta untuk dikawal dengan baik SamiSade ini,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Bogor juga meminta kepada Badan Permusyawaratan Desa untuk sama-sama dengan kepala desa dalam memusyawarahkan pembangunan dari SamiSade.

“Berikan layanan kepada masyarakat, jangan pilih-pilih wilayah, jangan yang memilih diprioritaskan, yang tidak memilih kadesnya tidak dibangun. Jangan seperti itu. InsyaAllah jika Bapak dan Ibu memiliki sifat negarawan, maka Bapak dan Ibu akan nyaman dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Kades juga harus bisa mengamankan pesta demokrasi yang akan berlangsung kedepannya, baik itu Pilpres, Pileg ataupun pemilihan lainnya di desa,” bebernya.

Ia menambahkan bahwa hari ini desa merupakan primadona, tinggal bagaimana desa tersebut terampil mengelola, baik mengelola keuangan, mengelola masyarakat, serta bangun komunikasi yang baik dengan BPD dan camat setempat yang merupakan kepanjangan tangan dari Bupati.

“Niscaya keberlangsungan pemerintah akan berjalan baik dan kondusif jika sinergitas desa, kecamatan dan Bupati. Ini juga akan menjadi contoh yang baik untuk masyarakat. Desa Kuat, negara akan aman,” tandasnya.

 

 

Laporan : EPF

 

 

 

 

Related posts

Publikasi Kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Iwan Setiawan Akan Bangun Akses Jalan Kawasan Wisata Lebih Baik, Untuk Mendorong Babakan Madang Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

Iwan Setiawan Pastikan Pengamanan Idul Fitri 1444 H Berjalan Dengan Baik