Ini Penyebab Kades Hingga Perangkat Desa Songgom Brebes Mengundurkan Diri

BREBES, INFODESAKU – Kepala Desa Songgom Kecamatan Songgom dan sejumlah perangkatnya, diketahui mengundurkan diri. Insiden ini setelah ratusan warga kembali menggeruduk kantor balai desa dengan menuntut agar kepala desa mundur dari jabatannya, senin (9/1/2023).

Data yang dihimpun, alasan puluhan warga melakukan audiensi di Balai Desa Songgom untuk menyampaikan tuntutan dari masyarakat terkait surat pernyataan kepala desa pada 2 januari 2023 lalu.

“Kedatangan warga ke Balai Desa, untuk audiensi menyampaikan tuntutannnya terkait surat pernyataan yang berbunyi bahwa ketika kepala desa menyalahgunakan anggaran dan tidak sanggup mengembalikannya, maka akan mengundurkan diri,” ucap Tokoh Masyarakat Desa Songgom, Wasori, Senin (9/1/2023).

Dia menjelaskan, adapun sejumlah pejabat desa yang telah mengundurkan diri atau dinon aktifkan dari jabatannya, diantaranya Sahuri selaku Kepala Desa, Slamet Agus selaku  Sekretaris Desa, Tarman selaku Kaur Keuangan dan Singgih Setia Gunawan sebagai Kasi Pelayanan Desa Songgom

“Saya bersama forum masyarakat Desa Songgom, akan menindaklanjuti dan melaporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH) agar segera diproses,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Songgom, Sahuri saat dikonfirmasi terkait hal ini belum bisa memberikan keterangannya secara mendetail.

“Sudah jangan diberitakan,” singkatnya.

Sebagai informasi, Adapun isi surat pernyataan pengunduran diri tersebut berbunyi, dengan adanya surat ini, “saya siap mengundurkan diri atau dinon aktifkan dari jabatan sekarang dengan alasan telah menyalahgunakan wewenang, menyalahgunakan anggaran dana desa (DD) dan ADD dari tahun 2020-2022, dan tidak sanggup mengembalikan anggaran dari tahun 2020-2022. (KN/Sep)

Related posts

Lahan Seluas 4.173 M2 Diklaim Warga, PT. PTP Persilahkan Untuk Tempuh Jalur Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional