SARASA Jurus Jitu Tingkatkan SDM Aparatur Desa di Kecamatan Selaawi

GARUT, INFODESAKU – SARASA (Saban Rabu Berdesa)merupakan sebuah kegiatan ajang diskusi aparatur desa se-Kecamatan Selaawi yang di inisiasi oleh Kasi PMD dua tahun silam dan dilaksanakan secara bergilir disetiap desa dengan materi dan narasumber disesuaikan dengan keadaan, kali ini dilaksanakan di Desa Mekarsari.

Menurut Kepala Desa Mekarsari Aji Nugrha kegiatan Sarasa ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai tempat diskusi dalam mencari solisi permasalah yang dihadapi desa serta menjadi tempat penyaman presefsi dan update regulasi pemerintahan desa.

“Sarasa ini sangatlah efektif dalam peningkatan SDM aparat desa terutama dalam pemahaman regulasi dan tanggungjawab terhadap tupoksi masing-masing aparat”, tegasnya.

Disaat yang bersamaan Kasi PMD Kecamatan Selaawi Wijiyono menjelaskan Sarasa merupakan tindak lanjut dari Rakor mingguan yang dilaksanakan setiap hari Senin untuk dibahas lebih detail dan spesifik dengan harapan permasalahan yang ada bisa segera dicarikan solusinya.

“Sarasa ini bukan ajang penyamaan kebijakan melainkan untuk meng update dan menyamakan pemahaman akan regulasi yang berlaku”, jelasnya.

Wijiyono menambahkan sarasa ini dilaksanakan Rabu pertama Perangkat desa, Rabu kedua Lembaga Kemasyarakatan Desa (LkD), Rabu ketiga Peraangkat/kaur/kasi, Rabu keempat Bimbingan rohani bertempat SBCC

“Setiap pertemuan materi atau masalah yang dibahas berbeda disesuaikan dengan keadaan dan menghadirkan narasumber yang berkimpeten dibidangnya”, pungkas Wijiyono.

 

 

Laporan : BHEGIN

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra