Kasdim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI, INFODESAKU – Bertempat di Gabungan Kelompok Tani Karya Tani Desa. Bojong Kec. Cikembar Kab. Sukabumi telah dilaksanakan giat Gerakan Panen Padi Nusantara 1 (satu) Juta Hektar oleh Bpk Ade Suryaman S.H.,MM (Setda Kab. Sukabumi). Sabtu, (11/03/ 2024).

Kepala Staf Kodim 0607/ Kota Sukabumi Mayor Inf.Suntoro mewakili Dandim Menghadiri Kegiatan Gerakan Panen Padi Nusantara 1(satu) Juta Hektar.  Kegiatan tersebut menindaklanjuti surat dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan No B-774/RC.240/C/02/2023 tanggal 06 Maret 2023 dan surat Sekertariat Jenderal Kementerian Pertanian No B-742/RC.020/A/03/2023 tanggal 07 Maret 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu drh. Chintiya Devi Irawati MM (Kepala BBPMSOH Direktorat Pangan Kementiraan RI), Bpk Ir Dadan Hidayat M,Si (Kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura provinsi Jawa Barat), Mayor Inf Suntoro (Kasdim 0607/Kota Sukabumi),Mayor Inf Restu Kilat Dwiyono (Kasdim 0622/Kab. Sukabumi),Ibu Sry Hastuti Harahap (Kepala Dinas Pertanian Kab. Sukabumi),Bpk Drs. Gungun Gunardi (Kepala Dinas PMD Kab. Sukabumi),Bpk Agus Sanusi SKM., MM (Kepala DPPKB Kab. Sukabumi),Bpk Ujang Zulkifli (Kepala bidang ESDM Kab. Sukabumi), Muspika kecamatan Cikembar)dan Bpk Lahudin (Kepala Desa Bojong).Serka(K) Niken.P (Babinsa Desa Bojong)

Sambutan Sry Hastuti Harahap , Kepala Dinas Pertanian Kab. Sukabumi, Alhamdulillah puji dan syukur pada pagi ini dalam keadaan sehat walafiat dalam kegiatan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar, Bawasannya kegiatan ini di laksanakan di 130 (Seratus tiga puluh) kabupaten dan di beberapa provinsi diwilayah Nusantara secara nasional di mulai dari bulan Januari s/d April 2023 sekiranya mungkin kegiatan ini kita laksanakan dengan luasnya panen tanaman padi di wilayah.

“Kegiatan ini kita dapat lihat dari beberapa sumber yang dilapangan semoga sekiranya kegiatan ini berlangsung dengan baik ,” tukasnya.

Tamtam Alamsyah Camat Cikembar ditempat yang sama Menyampaikan, Kejajaran dinas pertanian saya mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan ini Cikembar merupakan salah satu kecamatan industri dan perumahan tapi Alhamdulillah di wilayah desa Bojong ini masih banyak lahan pertanian yang luas.

“Dari satu Minggu kebelakang kita juga sudah melakukan pencegahan stanting rapat koordinasi dengan beberapa unsur yang kegiatan itu langsung di hadiri bpk wakil bupati sebagai ketua pencegahan stanting di kabupaten Sukabumi dan semoga kegiatan ini merupakan membawa nilai positif di kecamatan Cikembar ,” imbuhnya.

Ade Suryaman Setda Kab. Sukabumi dalam sambutannya, Panen padi Nusantara ini merupakan bentuk nyata dukungan terhadap gerakan panen padi Nusantara dengan kegiatan panen padi bersama di lahan kelompok karya tani karya tani Bojong Cikembar.

“Melalui kegiatan ini saya mengharapkan produksi padi bisa meningkat sehingga berpengaruh pada stabilitas harga beras di daerah khususnya kabupaten Sukabumi,Gerakan ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia adanya gerakan ini meski dijadikan momentum untuk memacu semangat petani kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, inflasi dan produksi padi merupakan hal menjadi perhatian kita saat ini dan kedepan dengan adanya ancaman ahli fungsi lahan sawah ke lahan non sawah membuat kita khawatir tingkat produksi akan menurun dan harga harga komoditas pangan akan meningkat.Kementerian Pertanian memberikan perhatian kepada Kab. Sukabumi diantara berupa benih padi tahun 2022 seluas 7.595 hektar dengan 2.006 di dalamnya merupakan padi Biofortifikasi.

“Semoga niat baik kita mendapat bimbingan dan kemudahan dari yang maha kuasa sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terlaksana dengan baik,” Pungkasnya.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Ratusan Polisi RW Diluncurkan Di Sukaraja, Siap Jaga 3600 RW Se Kabupaten Bogor

Pasca Lebaran Petugas Gabungan Lakukan Patroli Bersama