Pantau Lomba Satkamling di Desa Kelaten, Kapolres Lamsel: Operasional Satkamling Paling Penting

LAMSEL, INFODESAKU – Kepolisian Resor Lampung Selatan (Polres Lamsel) menggelar lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) antar kecamatan se- Kabupaten setempat mengusung tema meningkatkan harkamtibmas menjelang Pemilu serentak tahun 2024, dari tanggal 20-26 Mei 2023.

Memasuki hari kelima perlombaan, Kapolres Lamsel AKBP Edwin meninjau Pos Satkamling yang terletak di Dusun Mekar Jaya, Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan, Kamis (25/5/2023) malam.

Mengisi sambutan di awal acara, Kades Kelaten Toto mengapresiasi, kinerja kepolisian dan TNI dalam melakukan pembinaan di Desa setempat sehingga tercipta situasi aman, terkendali dan keadaan kondusif.

“Nanti kami mohon trik-trik dan arahan dari bapak Kapolres dan Kapolsek karena ketika malam maling enggak ada, sekarang ganti shift terkadang habis subuh kadang-kadang jam 09.00 WIB ketika orang pergi ke ladang kadang-kadang baru ada,” ujarnya disambut tawa hadirin.

Dalam kesempatan itu, Kades Kelaten menyampaikan dukungannya terhadap program polisi RW yang dicanangkan oleh Baharkam Polri pada beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah terima kasih pak, dengan adanya polisi RW ini nanti kejahatan ataupun orang niat jahat itu bisa diminimalisir,” sambung Toto.

Di penghujung, Toto berharap kepada tim penilai lomba Satkamling kiranya Desa Kelaten bisa masuk dalam nominasi pemenang lomba.

“Kepada tim penilai, jadi ini bukan setingan pak ini memang adanya mungkin karena pengecatan saja yang baru untuk menghormati pak Kapolres,” tandasnya.

Sekcam Penengahan Hermawan turut menyatakan dukungan, atas digelarnya lomba Satkamling oleh Polres Lamsel yang melibatkan level desa untuk mewakili kecamatan masing-masing.

Senada dengan Kades Kelaten, Sekcam juga mengatakan kepada tim penilai bahwasannya kondisi Satkamling yang ada memang nyata dan tidak ada rekayasa.

“Sehingga harapannya, kita akan mewakili Lampung Selatan untuk menuju level yang lebih tinggi. Kemudian apa yang menjadi maksud tujuan kita bersama, tentunya untuk meminimalisasir tindak pidana yang ada di desa dan dapat dicegah sebagai langkah preventif kita tentunya dengan pengamanan swakarsa yang ada di desa,” singkat Hermawan.

Kapolres Lamsel, AKBP Edwin merincikan, ada kriteria yang menjadi penilaian oleh tim penilai seperti aspek sumber daya manusia yang artinya ada masyarakat yang berjaga di Pos Satkamling lalu dilengkapi sarana dan prasarana.

“Operasional Satkamling yang penting, memang kegiatan ini tujuannya adalah menciptakan rasa aman terhadap lingkungan sekitar khususnya Dusun Mekar Jaya, Desa Kelaten,” sebut Kapolres.

Terkait fenomena perubahan waktu potensi gangguan Kamtibmas yakni selepas jam salat subuh, Edwin menjelaskan itu tidak dipungkiri dan berlaku secara umum di Lampung Selatan.

“Saran saya operasionalnya ditingkatkan, artinya begini ketika nanti ada saudara kita yang rumahnya kosong tentunya bisa dilaporkan melalui pak Kadus ataupun RT, RW dan Kepala Desa. Nanti kita lakukan patroli, kalau memang nanti bisa bergiliran bersama warga,” lanjut Kapolres.

Kembali ke perlombaan, nantinya Satkamling yang didaulat menjadi juara 1, 2 dan 3 tingkat Polres maka akan dilombakan ke tingkat Polda dan jika berhasil juara kembali maka akan mewakili Polda Lampung untuk berkompetisi di tingkat Mabes Polri.

“Nanti bhabinkamtibmas dan Babinsa mendukung apa yang perlu dilakukan, pada prinsipnya ini akan lebih baik ketika operasional itu berjalan baik bukan hanya sarana prasarana kemudian warganya merasa aman,” tegas Kapolres di penghujung sambutan.

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Ratusan Polisi RW Diluncurkan Di Sukaraja, Siap Jaga 3600 RW Se Kabupaten Bogor

Pasca Lebaran Petugas Gabungan Lakukan Patroli Bersama