Desa Sumber Sari Gelar Proses Percepatan Lahan Register 1 Pisangan

LAMSEL , INFODESAKU – Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi mengenai lahan register dikalangan masyarakat Indonesia, belakangan ini karena mereka semua ingin hak nya dikuatkan didalam mengelola lahan yang ada.

Perjuangan yang dilakukan oleh Forum Masyarakat Register 1 Pisangan (FOMASTER) yang diketuai oleh Suyatno selama ini membuahkan hasil, walaupun belum seratus persen dan hampir mendekati seratus persen .

Hal ini bisa dilihat dari penyerahan surat oleh ketua Fomaster Suyatno kepada staf kepresidenan bidang agraria Iwan Nurdin lewat acara proses percepatan lahan register 1 pisangan yang diadakan di balai desa Sumber Sari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan.

Acara yang di mulai pukul 15:00 WIB tersebut dihadiri kurang lebih 300 warga dari 16 Desa di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Palas, Kecamatan Sragi, Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Penengahan yang dihadiri Kepala Desa dan perwakilannya, serta juga turut hadir dari jajaran Kapolsek Sragi, TNI.

Sebagai pembuka acara Iwan Koswara selaku Kepala Desa Sumber Sari mengungkapkan, acara percepatan lahan register tersebut membuat para warga menjadi tenang mengenai penguatan hak lahan yang ditempati. Dengan penyerahan surat kepada staf kepresidenan RI bidang agraria proses percepatan reformasi agraria bisa direalisasikan dengan segera, karena staf kepresidenan merupakan perpanjangan tangan dari Presiden.

“Semoga dengan penyerahan surat ini kepada staf kepresidenan RI bidang agraria dapat direalisasikan dengan segera, karena staf kepresidenan adalah mata telinga dan mulutnya presiden,” singkatnya penuh harap.

Sementara itu, ketua Fomaster Suyatno menjelaskan, kepada warga dalam perjuangannya bersama 10 kades serta seringnya melakukan kunjungan ke pusat dikarenakan membawa aspirasi masyarakat dari 16 desa dan 4 kecamatan.

“Dari kunjungan kami beserta team ke Jakarta jangan disalahartikan, akan tetapi kami memperjuangkan serta menyampaikan aspirasi agar proses percapatan lahan register 1 pisangan bisa terealisasi dan inilah hasilnya. Dengan tibanya staf kepresidenan pada hari ini, register 1 pisangan di jadikan reforma prioritas,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Iwan Nurdin selaku staf kepresidenan RI menegaskan kepada warga mengenai lahan register 1 pisangan tidak adanya cukong pengembangan perumahan kedepannya yang menurutnya hal tersebut dapat menghambat proses Verifikasi. Iwan tidak menginginkan ada yang bermain di belakang layar dengan adanya pungutan, ketika ada penguatan hak sertifikat yang diberikan oleh pemerintah serta ia mengungkapkan kepada warga untuk percaya kepada team Fomaster.

“Semua warga yang hadir harus benar-benar percaya kepada tim fomaster, karena tim inilah yang memperjuangkan hak penguatan lahan bagi para warga. Jadi jangan ada pikiran negatif yang ditujukan kepada tim dengan terbukti kehadiran saya disini serta adanya penyerahan surat dan dokumen pendukung kepada tim kepresidenan bidang agraria,” pungkasnya.

Laporan : Bambang/Safarudin

Related posts

Pembukaan Survival, Bupati Event Berkelas Dunia Potensi Ekonomi Dan Pariwisata

Paguyuban Pajajaran Anyar Gelar Milangkala Kelima, Hadirkan Seni Budaya Nusantara

Sosialisasi Perda Kemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sukabumi, Ini Tanggapan Ketua Komisi IV