Pembagian Beras Rasta, Kadus Desa Sukaraja Dapat Pujian

LAMSEL, INFODESAKU – Pencanangan Program beras Rastra Gratis oleh Pemerintah Pusat melalui Kemensos sudah terealisasi di bulan Januari dan disebar di seluruh Provinsi yang berada di Indonesia, salahsatunya Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Dengan tersalurkannya beras Rastra ke seluruh warga di setiap dusun yang berada di Desa Sukaraja sudah di terima oleh warganya. Pembagian beras Rastra tersebut dibagi rata kepada KPM dan warga non-KPM. Pasalnya pembagian beras tersebut hasil dari musyawarah serta sosialisasi RASTRA dan BNPT yang di lakukan oleh Pemerintah desa (Pemdes) pada saat itu. (08/02).

Sarbini selaku Kades saat di jumpai Infodesaku di ruang kerjanya menjelaskan, 2 ton 8 kwintal Beras Rastra yang diterima Pemdes dari Bulok, langsung diserahkan ke empat dusun yang berada di desanya untuk dibagikan ke 290 KK,  kemudian ia juga menjelaskan Rastra tersebut di bawa atas keinginan Kadusnya (RW /red). Selasa, (13/02).

“Begitu beras tiba di kantor desa, para kadus sangat antusias membawa Rastra kedusunnya tanpa saya perintahkan, dan juga tanpa lelah mereka membawa beras tersebut. Alhamdulillah mereka sangat semangat melayani warganya tanpa pamrih, ” Jelasnya .

Sanuri selaku Kadus 3 yang kebetulan pada saat itu juga sedang berada di kantor saat di tanya kebenarannya penjelasan dari kades, Ia membenarkan penjelasan tersebut Lalu iapun mengungkapkan kepada pewarta bahwa Rastra yang ia bawa untuk disalurkan ke masing-masing KK sebanyak 3 kg secara gratis  tanpa di pungut uang transport ataupun uang lelah.

“Pemda saja membawa beras ini ke desa gratis, masa saya yang membawa dari kantor desa ke dusun harus bayar bisa-bisa saya di tangkap dikira pungli mas, lagi pula saya ikhlas membawa Rastra ini dan saya pun ikhlaskan tenaga saya untuk melayani warga,” ungkapnya.

Hasil pantauan di lapangan dari 4 dusun, pewarta menelusuri setiap KK yang sudah menerima Rastra tersebut untuk mencari kebenaranya sesuai yang di ungkapkan Pemdes melalui kades dan Kadusnya. Hal tersebut di benarkan oleh warga dari dusun 1 sampai 4, salah satunya Udin warga dari dusun 3 yang berpenghasilan sebagai seorang pengebun di desanya, ia menerangkan penyaluran Rastra tersebut dan ia juga mendoakan Kadusnya yang tanpa pamrih .

“Pembagian beras di dusun saya gratis pak tidak ada biaya lain-lainnya kok, Saya juga sempat kaget soalnya waktu diundang pak kadus untuk musyawarah, saya tidak sempat datang hanya di wakilkan anak saya tapi saya lupa tidak nanya anak ada apa diundang ke balai desa, rupanya masalah beras gratis. Pantesan pak kadus nolak saya waktu dikasih uang, lah wong tahun-tahun kemarinkan kalau tidak salah nebus perkilonya, Saya doakan pak kadus banyak rezekinya.” pungkasnya.

Laporan : Safarudin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove