Edukasi Ternak Trigona Mampu Dongkrak Destinasi Wisata

SUKABUMI, INFODESAKU – Tingkatkan pengembangan Deistinasi wisata melalui budidaya ternak Lebah Trigona (Teweul), tepatnya di Kampung Langenria RT 03/04, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin(15/10/2018).

Unang Sasmita (36) salah satu warga Kampung Langenria RT 03/04 Desa Tenjolaya, Kecamatan Cibadak, berkenginan merubah derahnya membuat edukasi berupa budidaya Lebah Trigona yang berawal untuk mengetahui cara membudidayakan Trigona belajar dari internet dan channel YouTube sehingga dirinya termotivasi untuk mencoba ternak Lebah trigona di dalam boxs yang terbuat berbahan kayu yang kemudian hasil ternaknya di berikan terhadap warga.

“Agar warga pun bisa melakukan hal yang sama membudidaya Trigona dan di jadikan madu,” Tutur Unang Kepada Infodesaku di sela pengecekan sarang Trigona.

Lebih lanjut nang menambahkan bahwa Edukasi tersebu di berikan kepada  masyarakat,pada awalnya pembudiyaan ini  kita beli bibit dari luar kemudian mencoba di kembangkan, pertamanya cuma satu box sekarang sudah agak banyak sekitar 40 box, untuk budidaya tersebut kita tidak fokus ke hasil madunya hanya fokus terhadap budidaya itu sendiri,”Terangnya.

Lanjut Ia, Edukasi ini baru berjalan empat bulan dan sudah menghasilkan empat liter madu, untuk waktu pembibitan bertelur pembiakannya membutukan waktu maksimal 3 bulan, trigona katanya menurut Peneliti versi ilmuwan cuma 3 bulan untuk bisa bekerja lebah jadi dia punya usianya 3 bulan untuk bisa berkembang biak.

“Kedepannya saya ingin daerah kami bisa menjadi Kampung wisata lebah intinya itu, dan saya miminta dukungan dari pemerintah baik itu dareah ataupun pusat yang saya sangat dibutuhkan terutama PPL saya ingin PPL dibidang peternakan lebah agar bisa datang untuk membantu memberikan ilmunya karena saya juga masih terbatas, saya baru belajar hanya dari media online,” harapnya.

Laporan : DEV/ BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove