Desa Sirnagalih Ikut Lomba Pancaniti Tingkat Kabupaten Bogor

BOGOR, INFODESAKU – Setelah sebelumnya Desa Sirnagalih terpilih menjadi salah satu desa untuk mengikuti lomba Pancaniti Apik Tahun 2019 tingkat Kabupaten Bogor. Selasa siang (04/12), tim verifikasi lomba kabupaten bogor menyambangi kantor desa dalam rangka penilaian tahap ke 4 lomba pancaniti yang di hadiri Kepala Desa beserta jajarannya, Sekcam, BPD, Kadus, serta Bapeda Litbang Kabupaten Bogor.

Lomba pancaniti adalah dengan menerapkan dan menata secara rapi dalam musyawarah perkembangan pembangunan desa secara musyawarah sesuai aturan. Dalam lomba pancaniti ini dalam rangka supaya Desa memiliki dokumen pembangunan yang baik.

Kasubid Pemerintahan Rubidiyanti S.PME mengatakan, ada lima tahap dalam penjuarian mulai juri Kecamatan, juri Desa, teknis dari Bapeda, observasi kelapangan, Kepala Desa akan berhadapan dengan tim juri independen diantaranya dari perguruan tinggi, Kemendagri, kemendes dan juga dari media.

“Lomba pancaniti bukan semata-mata mencari pemenang, tapi ini termasuk pembelajaran bagi seluruh aspek didalam pengolahan desa nanti, terpilih lah 10 desa yang terbaik. Hasil dalam penilaian akan dilaksanakan pada musrenbang kabupaten Tahun 2019, nantinya diberikan Bupati kepada desa pemenang,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sirnagalih, Amat Suparta menuturkan, karena ini sebuah lomba tentu Desa Sirnagalih menjadi juara. Serta merefleksikan mekanisme perencanaan pembanguan desa berdasarkan ketentuan yang ada.

“Banyak kita evaluasi terhadap kegiatan pelaksanaan baik itu RKPDES, aktualisasi dilapangan yang nantinya desa terintegrasi terhadap sebuah aturan dan mekanisme perencanaan pembangunan yang baik,” ungkapnya.

Laporan : YUD

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional