Berglust Asset Wisata Terlupakan Warisan Kolonial

CIMAHI, INFODESAKU – Berglust dengan segala keunikannya, merupakan Icon ditahun 90an satu tempat yang dahulunya kolam renang sekaligus tempat wisata mainan serta aneka ragam flora fauna yang dimiliki kota Cimahi, namun sekarang Berglust nampak kotor dan kumuh dua kolam renang terlihat tidak terawat. Minggu, (7/4)

Melihat kondisi Berglust yang kotor padahal memiliki potensi yang besar untuk diaktipkan kembali menjadi tempat wisata primadona warga seperti halnya waktu dulu maka atas dasar tersebut Warga Rw 04 bersama Karang Taruna dan tokoh masyarakat serta paguyuban Wiro 54 dan Sundawani Wirabuana melakukan bakti sosial guna membersihkan aset wisata yang dulu pernah menjadi primadona.

Asjer salah satu warga yang rumahnya tidak jauh Dari lokasi menuturkan bahwa kolam renang Berglust adalah kolam renang bersejarah, namun sayang kondisinya saat ini hancur terbengkalai.

“Dulunya, Berglust adalah penginapan miliki seorang warga negara Belanda bernama Berglust, dan Kolam renang tersebut menjadi primadona wisata sejak zaman kolonial hingga tahun 90an,” tuturnya.

Asjer juga mengungkapkan selain kolam renang, dulunya Bergluts merupakan arena bermain anak yang dilengkapi semacam kebun binatang mini.

“Kini nasib kebun binatang juga kolam renangnya sudah tidak terurus, maka dari itu kami ingin membersihkan rerumputan yang tumbuh liar diseputaran,” ungkapnya.

Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana yang hadir meninjau masyarakat yang sedang bergotong royong mengatakan
jika Berglust dikelola dengan baik tentu bisa menambah penghasilan bagi masyarakat jika kembali wisata Heritage.

“Berglust meniliki nilai dan filosofi yang tinggi mengingat bangunannya banyak menceritakan nilai sejarah.” pungkasnya.

Berglust memiliki lahan sekitar 1 hektar, dengan 7 titik mata air yang kwalitas airnya sangat bagus serta lokasinyapun tidak jauh dari pusat pendidikan militer Cimahi dan Alun – alun, semoga Berglust bisa aktif kembali sebagai wisata Heritage.

Laporan : HERMAWAN

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra