Paguron Mustika Putra Pasundan Gecar Kenalkan Seni Pencak Silat Tehadap Anak Sejak Usia Dini

SUKABUMI, INFODESAKU – Puluhan anak usia dini belajar seni pencak silat yang di gelar oleh Paguron Mustika Putra Pasundan yang dilaksanakan tepatnya di Gedung Aula Kantor Desa Pondok Kasolandeuh, Jalan Raya Siliwangi Parungkuda.Sabtu (09/11/2019).

Dalam rangka mengenalkan seni pencaksilat sejak dini terhadap anak-anak sangatlah penting agar kedepan pengembangan seni pencak silat semakin maju lagi kedepanya.

“Dalam hal ini kami secara ber grilia dor tudor mengenalkan seni pencak silat ini dari kampung ke kampung maupun dilungkungan setempat tepatnya di Parungkuda, kemudian kami masuk ke arah pendidikan dari mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas,” terang pembina Paguron Mustika Putra Pasundan Budi Arya.

Lebih lanjut Budi menambahkan, kegiatan seperti ini kami lakukan secara bergilir waktunya kalau di sekolah karena salah satunya masuk di mata plajaran Ekskul alhamdulilah kami di sekolah-sekolah dasar mengajarkan hal serupa dari mulai pagi, kalau hari sabtu sore khusus anak dewasa di sambung lagi malam ada juga yang belajar khusus.

“Tujuan kami yang pertama adalah ingin melahirkan generasi mendatang yang berkarakter kemudian sopan santun terhadap yang tua hingga sesamanya, bisa menjaga tradisi budayanya serta lebih mengedepankan budaya sabilulungan bergotong royong melalui silih asah asih dan asuh, yang khawatir budaya tersebut sudah hampir punah di grus oleh kemajuan jaman.” tuturnya

Masih kata Budi dirinya berharap melalui seni budaya ini akan memperhalus akal budi,kemudian pencak silat itu bisa melahirkan dan menjaga tali silaurahmi itu yang sangat berharga dalam seni pencak silat ini.

“Mudah-mudahan kedepan kita akan memiliki generasi yang unggul dan kami berharap bisa melahirkan atlit-altlit pecak silat yang akan membawa harum daarahnya baik di tingkat Nasonal maupun Internasional,” jelasnya

Sementara salah satu siswa Maika,(11) anak dari pasangan Firdaus dan Mia yang duduk kelas 6 SDN Pondok Kaso Landeuh,dirinya sangat senang dengan ada kegiatan seperti ini yang pertama jadi lebih banyak teman kemudian saya suka dengan Pencak Silat karena kaka saya juga sama suka pencak silat.

“Saya ingin menjadi anak yang berprestasi agar bisa membagakan kedua orang tua apalagi saya bisa menjadi atlit terkenal.” harapnya.

Laporan : BA

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga