Manfaatkan Dana Desa Untuk Rehabilitasi Jembatan Beton

BOGOR, INFODESAKU – Curah hujan yang masih tinggi berdampak meluapnya debit air dibeberapa aliran sungai diwilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya, hal ini menyebabkan tergerusnya tanah di sepanjang aliran sungai karena derasnya arus. Dengan tergerusnya bibir sungai tentunya sangat membahayakan jembatan yang melintasi aliran sungai.

Untuk mengantisipasi robohnya jembatan akibat derasnya arus sungai dan melihat kondisi jembatan yang sudah tidak layak lagi untuk dilintasi, Pemerintah Desa Cilebut Barat mengantisipasi dengan merehabilitasi jembatan beton yang berada di Kampung Babakan RT 003/003 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Jembatan beton penghubung tiga RW ini direhabilitasi beberapa pekan yang lalu dengan memanfaatkan dana desa tahap tiga sebesar Rp. 115.226.000,- dan dikerjakan oleh TPK bersama dengan warga setempat. Pengerjaan jembatan juga diawasi oleh Pemerintah Desa dengan menugaskan LPM sebagai pemantau pekerjaan.

” Jembatan penghubung tiga RW direhab karena kondisinya mengkhawatirkan, apalagi arus sungai sangat deras dimusim penghujan sekarang ini, sebelum roboh dan membahayakan bagi yang melintasi harus segera diperbaiki, selain direhab jembatan juga diperlebar satu meter agar kendaraan roda dua dan roda empat yang berpapasan dapat melintasi tanpa bergantian, ” terang Yusuf, Ketua LPM Desa Cilebut Barat.

Kepala Desa Cilebut Barat, H.Dasuki menegaskan, rehabilitasi jembatan beton di Kampung Babakan merupakan program kepala desa terdahulu, dirinya hanya melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan oleh pemerintahan desa yang lalu, untuk program kerja desa dibawah pimpinannya akan diprogramkan melalui RPJMdes enam tahun kedepan.

“Rehabilitasi jembatan beton di Kampung Babakan sudah dianggarkan pemerintah desa terdahulu, saya tinggal melaksanakannya saja, sedangkan untuk program kerja pemerintah desa cilebut barat yang baru akan kami susun melalui RPJMdes, harapan saya agar semua elemen masyarakat desa cilebut barat mendukung program kerja Pemerintah Desa untuk kemajuan desa.” tutur Kades Cilebut Barat H.Dasuki.

Laporan : AJH

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove