Test SWAB Massal Bagi Warga Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan

KUNINGAN, INFODESAKU – Antusias warga Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan mengikuti test SWAB di Puskesmas Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan sangat tinggi. Ini di buktikan dengan hadirnya puluhan warga desa Sekecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan yang menjadi sasaran dari kegiatan ini.

Pemeriksaan SWAB ini di laksanakan pada hari Rabu (24/06/2020) bertempat di Puskesmas Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan Kadugede, Kadinkes Kabupaten Kuningan, Kapuskes Kadugede, Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Kuningan, Serta tim medis Puskesmas Kadugede.

Menurut Kepala Puskesmas Kadugede, Dr. Hj. Sri Widawati, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesehatan warga Desa Kecamatan Kadugede dalam menghadapi Adaptasi kebiasaan baru.

“Pihaknya bersyukur atas seijin Bupati Kuningan dan Gubernur Jabar bisa melaksanakan test SWAB ini dan mudah -mudahan semuanya hasilnya negatif,” ujarnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama menyebutkan, saat ini status level kewaspadaan Kabupaten Kuningan di Jabar berada di zona biru. Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menerima 1.485 Alat Test Swab dari Provinsi Jawa Barat.

“Pemberian alat swab ini di berikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk meningkatkan akurasi data lebih tinggi dan lebih tepat, untuk memastikan bahwa grafik penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Kuningan benar benar melandai,” jelasnya.

Terpisah, Kadinkes Kabupaten Kuningan, Dr. Susi mengatakan Gebyar Pemeriksaan SWAB di Kabupaten Kuningan ini akan dilaksanakan 10 hari kerja di 32 Kecamatan. Adapun target 1.480 orang.

“ Setelah selesai SWAB, maka  tanggal 1 Juli kita akan langsung mengadakan rapid test massal serentak juga di 32 kecamatan dengan kendaraan Rapid masal ,” ujarnya.

Pihaknya, akan mengaktifkan seluruh puskesmas di 32 kecamatan. Mengenai sasaran diantara 100 sampai 200 rapid, sehingga sekitar 3200 orang di seluruh kabupaten Kuningan.

“ Hal ini kami lakukan dan upayakan agar benar benar kita meyakinkan bahwa di Kabupaten Kuningan ini bersih dengan zona birunya, semoga ke depannya tidak ada lagi kasus yang ada di kita sehingga kita dapat beralih ke zona hijau,” harapnya.

Sementara Camat Kadugede Drs. Tatang Taryono Msi menjelaskan, jumlah peserta kurang lebih 35 orang yang terdiri dari berbagai unsur elemen seperti dari pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat yang ada di Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

“ Kegiatan ini di laksanakan bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini .” pungkasnya.

 

Laporan: BUDI KNG

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Puluhan Balita Desa Cadasngampar Terima Imunisasi Polio

Kesehatan Reproduksi Perempuan Dalam Kasus Pernikahan Dini dan Dampaknya Bagi Generasi Penerus