Bupati Sukabumi Dorong Pembangunan TMMD Ke 108

SUKABUMI, INFODESAKU – Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami membuka acara TNI manunggal membangun Desa (TMMD) ke 108 bertempat di Desa Sukaluyu Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi.Selasa( 30/6/2020), kedatangan H.marwan hamami bersama Komandan Kodim 0622 letkol ARM.Suyikno, Kapolres Sukabumi AKBP. M. Lukman Syarif dan tamu undangan lainya disambut dengan kesenian tradisional lengser serta tarian.

“Kegiatan TMMD pengabdian untuk negri itu dilaksanakan dengan menampilkan kesenian,” ujarnya.

H.marwan Hamami saat ditemui Infodesa mengatakan TMMD dapat membantu percepatan pembangunan didaerah sehingga hasil pembangunannya bisa dinikmati oleh masyarakat banyak TMMD ini dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat selain itu bisa menumbuh kembangkan budaya gotong royong.

“Kegiatan tersebut adalah kemajuan wilayah TNI harus bisa memberikan semangat kepada masyarakat Sukaluyu kita dorong bersama semangat kemajuan wilayah.” ucap H.Marwan Hamami dalam sambutannya

Lebih lanjut H.Marwan Hamami mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD tersebut dapat meningkatkan sinergitas antar lintas sektoral selain itu dapat membuka peningkatan berbagai sektor didaerah bagi masyarakat di Kecamatan Kalibunder ini ada yang bisa diberdayakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai destinasi wisata.

“Kemudian baru infrastuktur kita bisa dorong untuk dibangun di daerah terutama dari segi gotong royong, saat ini di Kabupaten Sukabumi hanya tersisa delapan Desa tertinggal,Desa berkembang ada 239 Desa maju 121 dan Desa yang mandiri 13 semoga dengan TMMD ini menjadi semangat mendorong dan membantu Pemda dalam pembangunan di Kabupaten Sukabumi.” jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Komandan Kodim 0622 Sukabumi letkol ARM.Suyikno mengatakan pelaksanaan TMMD tersebut dibuka serentak hari ini secara Nsional. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua unsur dari TNI baik Darat Laut da Udara. termasuk semua elemen lainnya untuk memajukan daerah tertingal dalam plaksanaan TMMD ini ada pembangunan jembatan yang menghubungkan dua Kecamatan dan pembangunan jembatan itu menjadi ikon TMMD kali ini.

“Menurutnya pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari hal itu terhitung dari tanggal 30 Juni hingga 30 Juli sebelum dibuka hari ini, kita telah melaksanakan TMMD 17 Juni lalu kita melibatkan 150 personel kita ada kegiatan bersifat pisik dan non pisik data yang dihimpun untuk kegiatan pisik ada 13 kegiatan diantaranya pembangunan pisik yang dilaksanakan dalam TMMD ke 108 kali ini adalah pengaspalan jalan Desa dengan panjang 1,6 km dan lebar 2,5 meter pembangunan, kemudian gotong royong 7 unit pembangunan TPT panjang217 meter lebar 0,25 meter dan tingi 1,8 meter pengaspalan jalan Desa dengan panjang 850 meter lebar 2 meter dan tebal 0,15 meter. pengerasan jalan rambat beton ruas panjang 600 meter lebar 1 meter tebal 0,8 meter pengerahan jalan rambat beton ruas 2 panjang 650 meter dengan lebar 2 meter lebat 0,8 meter pengerahan jalan rambat beton ruas3 panjang 750 lebar 1 meter tebal 0,1 meter,” paparnya.

Pembangunan sarana air bersih sumur bor 3 unit pembangunan MCK 3 unit pembangunan posyandu 1 unit pembangunan jembatan gantung panjang 40 meter dengan lebar 1,2 meter tinggi 8 meter pembangunan bronjong panjang 78 metet persegi serta rehabilitas RTLH 10 unit.” terang Dandim

Sementara untuk sasaran nonfisik ada 10 kegiatan meliputi penyuluhan kependidikan ke agamaan, kesehatan pertanian peternakan, kepemerintahan Desa keamanan dan ketertiban masyarakat penyuluhan progran KB kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan serta pembinaan pramuka saka wira sartika.

“Dandim 0622 menegaskan bahwa TMMD. bukan hanya milik TNI namun seluruh masyarakat keberadaan TNI untuk membantu Pemda dalam membangun ekonomi diwilayah semoga kegiatan ini lancar serta bisa membangun Desa Sukaluyu dengan indah dalam kegiatan tersebut.”jelasnya.

H.marwan hamami dan jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Daerah) menyerahkan bantuan berupa Alqur’an dan santunan bagi khitanan masal serta alat TMMD.

 

Laporan : Rusdiana/Has

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling