Antusias Seniman Ikuti Platihan Pengemasan Seni, Bisa Ciptakan Sebuah Karya Tontonan Menarik Bagi Masyarakat

SUKABUMI, INFODESAKU – Para Kreator Seni dan Budaya, ikuti acara Pelatihan dan Pengemasan Seni dan wisata yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (17/06/2021).

Acara pelatihan dan pengemasan seni di gelar di Vila Alif, Ujung Genteng, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dihadiri oleh para kreator seni dan budayawan dari wilayah Sukabumi dengan melakukan setandar prokes yang ketat.

Menurut salah satu Senima Kreator seni dan budaya, Yudi Hidayat, pria asal Kecamatan Ciemas yang sudah menggeluti dunia seni dan budaya hampir 15 tahun mengatakan, bahwasanya kegiatan ini di awali dari pada tuntutan kita sebagai pengiat seni yang harus mampu memberikan aplikasi tayangan terhadap sebuah pagelaran seni dan budaya dalam waktu singkat.

“Kita harus mampu memberikan pergelaran seni dan budaya dalam waktu yang sesingkat mungkin, tapi tetap memberikan tontonan yang menarik kepada masyarakat,” kata, dia.

Lebih jauh Ia mengatakan, saya di berikan waktu oleh panitia di acara ini untuk membuat sebuah karya seni dengan waktu singkat 5 menit yang alhamdulilah berhasil menciptakan sebuah karya kemasan seni bersama teman teman yang di beri judul Pajurawet, Ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi penggiat seni dan budaya di kabupaten Sukabumi, dalam menciptakan suatu pagelaran seni dan budaya yang berdurasi singkat.

“Makanya, kami dari para penggiat antusias dalam mengikuti acara pelatihan ini,” kata, dia.

Di tanya masalah persiapan Re-generasi, Yudi, optimis para pemuda/i generasi penerus bangsa yang telah di tempa dan dibekali dengan ilmu akan menjadi tumpuan harapan di masa depan.

“Kita tertumpu kepada generasi muda, dengan ilmu yang mereka pelajari tentu saja akan tetap menjadi ciri khas seni dan budaya suatu bangsa kedepannya,” pungkasnya.

Sementara di tempat yang sama salah satu perwakilan Dewan Kebudayaan Kab.Sukabumi yang pada saat itu ikut menghadiri kegiatan Budi Arya Sip.Ch. dirinya sangat memberikan apresiasi terhadap Disbudpora Kabupaten Sukabumi yang telah melaksanakan berupa kegiatan pelatihan pengemasan seni.

” dalam acara tersebut yang alhamdulilah berjalan dengan lancar, hingga para pengiat seni mulai dari kalangan anak muda pun tidak mau kalah oleh para seniornya yang masing masing menujukan kebolehanya serta sangat apik dalam gerakan penampilan.”ujar Budi. Lebih lanjut Budi berharap

” mari bersama ber doa semoga kedepan wabah covid yang melanda di berbagai negara ini segera usai agar para pengiat seni maupun budaya bisa kembali normal dalam melakukan aktifitasnya seperti sediakala bisa berekpresi dan banyak job untuk kembali manggung” pungkasnya.

“bagi para anak muda cintai dan hargai seni budayanya terutama seni budaya lokal agar seni budaya lokal kedepan semakin baik dan maju, sebab saya merasa khawatir dengan seiring kemajuan jaman dan teknologi anak muda sekarang sudah mulai berkurang untuk belajar seni budaya sunda.” ujarnya.

“Dengan adanya pelatihan seperti sekarang ini mudah mudahan generasi yang akan datang semakin banyak dan tertarik untuk mempelajari seni dan budaya sunda, sebab seni budaya adalah bagian dari pilar ke empat dan seni budaya lokal atau kearipan lokal adalah salah satu benteng pertahanan NKRI.” jelasnya

Laporan : Rudi T/ BA

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga