Akibat Jalan Kabupaten Rusak Berat, Kades Jagabaya Sering Kena Semprot Warga

BOGOR, INFODESAKU – Kondisi jalan rusak ini memang kerap membuat kesal bagi para penggunajalan apa lagi warga sekitar ruas jalan tersebut. Pasalnya, selain berdebu kondisi becek dan licin ini saat musim penghujan tiba kesabaran pengguna jalan semakin diuji.

Oleh sebab itu, kepala desa Jagabaya HJ. Rohayati kerap kena semprot warganya gegara jalan raya Jagabaya Barengkok di Kampung Palayangan RT 01/01 Desa Jagabaya Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor, sepanjang 3 kilo meter itu rusak parah, Senin (13/12/2021).

Sekertaris Desa Jagabaya Diyan menyampaikan, pihaknya setiap tahun sudah mengusulkan dalam kegiatan Musrembang Kecamatan Parungpanjang terkait jalan rusak. Namun, hingga saat ini jalan tersebut belum ada pembangunan.

Menurutnya, akibat jalan rusak warga suka marah ke Bu Lurah, karena jalan yang rusak ini belum ada pembangunan yang sudah lama rusak. Padahal, akses jalan ini adalah jalan utama bagi warga selekitar atau para pengguna jalan.

“Kita sudah sering klarifikasi kepada warga bahwa jalan ini adalah jalan kelas kabupaten, jadi kewenangannya ada di kabupaten. Sejak tahun 2015-2016 pemerintah desa Jagabaya sudah mengusulkan melalui musrembang, “terangnya.

Dikonfirmasi terkait hal itu Camat Parungpanjang Icang Aliyudin menyampaikan, jalan itu merupakan jalan kelas kabupaten sehingga jalan tersebut kewenangan bukan di desa tapi kabupaten.

“Tahun ini tidak jadi kebangun, karena ad pemangkasan. Nanti jalan itu masuk sekala prioritas tahun 2022 pada semester pertama, masuk usulanya sepanjang 3 kilo meter, jalan itu biasa disebut Jagabaya Barengkok, “terangnya.

Lanjut Icang menambahkan, pada tahun 2022 mendatang jalan kelas kabupaten yang masuk pada usulan untuk alokasi dana APBD kabupaten Bogor, ada dua titik untuk rencana pembangunan jalan.

“Jalan kelas kabupaten di desa Jagabaya itu salah satu titik yang masuk rengking satu, masuk prioritas pertama dan prioritas kedua yaitu di Desa Cikuda, yang masuk pembangun infrastruktur jalan kelas kabupaten di wilayah Kecamatan Parungpanjang, “ungkasnya.

 

Laporan : Jonny

Related posts

Lahan Seluas 4.173 M2 Diklaim Warga, PT. PTP Persilahkan Untuk Tempuh Jalur Hukum

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Puisi Puisi Soleh Sohih