Puluhan Hektar Sawah Di Desa Ciaruteun ILir Butuh Perhatian Normalisasi saluran Irigasi

BOGOR, INFODESAKU – Petani Persawahan di desa.Ciaruteun ILir, Kecamatan Cibungbulang, butuh perhatian khusus dari pemerintah daerah dan pusat demi menunjang ekonomi masyarakat yang mengairi pesawahan.

Dodi Andriansyah, selaku setaf desa menyampaikan, Bahwa terjadinya bencana longsor tebingan Sunday Cijuray dengan panjang.50m lebar. 4m dan Tinggi.15m telah terjadi longsor lumayan lama waktu itu pada tanggal 10 Januari 2019 lalu, atas kondisi tersebut kami sudah melaporkan kepada pihak Kecamatan Cibungbulang melalui kasi Ekbang dari kejadian itu pemerintah desa melakukan up aya terhadap kondisi tersebut.

“Telah melaksanakan pembangunan ( TPT ) Tembok Penahan Tebing mengunakan Beronjong Batu, kali pada tebingan sugai Cijuray yang longsor, biaya secara swadaya masyarakat tepatnya pada tanggal 12 Agustus 2019, mengingat para petani sangat membutuhkan air tersebut. Untuk mengairi pesawahan mereka yang ada di Desa Ciaruteun ILir,” Ucap Dodi kepada infodesaku saat diruangan kerjanya pada Kamis (17/02) lalu.

Dodi, berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas PUPR agar segera dibangun saluran irigasi mengingat para petani sangat membutuhkan guna mengairi pesawahan tidak hanya itu saluran irigasi itu. Tidak jauh dari pemukiman warga ada rumah warga.

“Kami selaku pemerintah desa sangat kawatir kalau dimusim peng hujan bisa mengakibatkan longsor berdampak ke rumah warga” harapnya.

Sementara salah satu warga petani sawah menambahkan,  kami sebagai petani sawah sangat membutuhkan normalisasi saluran air untuk mengairi sawah karna akhir-akhir ini diduga hasil panen makin menurun salah satunya faktor adalah tidak mengalirnya saluran irigasi air dikarnakan saluran irgasinya rusak pada longsor beberapa tahun lalu.

“kami selaku petani berharap kepada pemerintah agar segera dibangun saluran irigasi ini dikarnakan kami sangat membutuhkan normalisasi air.” Pungkasnya.

 

 

 

Laporan : Iwan

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Pemdes Tajimalela Berkeringat Bersama Warga

1 comentar

Jony 20/02/2022 - 13:33

Wartawanny lulus SD ya itu

Add Comment