Lagi-lagi Pengunjung RSJMM Dapatkan Ilmu dan Dorprize Gratis Saat Berobat

BOGOR, INFODESAKU – Tidak dapat dipungkiri bahwa kurangnya pengetahuan dan informasi terkait pentingnya minum obat secara teratur dan kontrol secara rutin ke rumah sakit, menyebabkan pasien gangguan jiwa yang sudah masuk pada tahap pemulihan, menganggap dirinya sudah sembuh dan tidak perlu minum obat lagi, diperparah dengan kondisi yang tidak pernah mau kontrol ke rumah sakit serta memutuskan untuk berhenti minum obat secara sepihak, tanpa berkonsultasi dengan psikiaternya.

Dua hal tersebut merupakan faktor penyebab seringnya pasien gangguan jiwa mengalami kekambuhan kembali dan mereka akan sulit memperoleh pemulihan yang maksimal, bila pasien sering putus obat dan sering kambuh.

Merasa sudah sehat itu awal dari kondisi dimana sering terjadinya putus minum obat dan kondisi putus minum obat adalah awal dari proses kekambuhan.

Adalah Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Penyuluh Kesehatan Jiwa Masyarakat yang memberikan promosi kesehatan jiwa berupa penyuluhan atau edukasi kepada pengunjung terkait pentingnya memelihara proses pemulihan pasien gangguan jiwa, dihadapan sekitar 50 pengunjung Poliklinik Spesialis Jiwa, yang terdiri dari ODGJ, keluarga dan penanggung jawab pasien.

Ada 5 Tahap Kesuksesan Pemulihan Kesehatan

Jiwa menurut Iyep Yudiana yaitu :

1. Minum obat secara teratur.

2. Kontrol secara rutin.

3. Komunikasi secara aktif.

4. Aktifitas secara bertahap sesuai kemampuan.

5. Sosialisas kembali ke masyatakat.

Perawat senior dari bagian Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) Ns.Wawan Setiawan, S.Kep, langsung mengupas terkait penyebaran penyakit infeksi, yang merupakan cikal bakan terjadinya penyakit menular, disertai bagaimana caranya melakukan tindakan pencegahan masuknya bibit penyakit pada tubuh manusia, yang bisa dicegah dengan tindakan mencuci tangan.

Berikut adalah Mencuci Tangan 6 Langkah Dengan Benar menurut WHO yaitu :

1. Usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Dorfrize gratis berupa kalender dan majalah kesehatan jiwa “Dholphin” diberikan kepada peserta penyuluhan yang bisa menjawab dan mempraktekan pertanyaan kesehatan jiwa dan pencegahan penyakit infeksi dari penyuluh kesehatan RSJMM. Diberikan juga kepada peserta yang datang paling awal dan peserta yang paling aktif saat penyuluhan.

Peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena pengunjung bisa mendapatkan 3 keuntungan sekaligus saat berobat kali ini yaitu : Bisa berobat ke RSJMM dengan lancar, Mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kesehatan jiwa dan pencegahan penyakit infeksi serta mendapatkan dorfrize gratis dari RSJMM.

Seluruh peserta sangat senang mengikuti kegiatan Penyuluhan Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Penyakit Infeksi, yang kali ini digelar, Selasa 30 Maret 2022, di Gedung Pelayanan Poliklinik Jiwa RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang berlokasi di Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana

1 comentar

Cucu Dahniar 01/04/2022 - 07:06

Alhamdulillah terimakasih infonya sangat bermanfaat bagi saya ,dan saya punya pasain fsikologis akan di anjurkan berobat terus ,penanganan pasain insha Allah akan terus di lakukan /home visit ,sekali lagi terimakasih Pa Sekjen Izin Shere

Add Comment