Hujan Deras, Rumah Warga di Desa Siandong Brebes Terendam Banjir

BREBES, INFODESAKU– Intensitas curah hujan yang tinggi di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Brebes, membuat puluhan bangunan rumah dan lainnya yang ada di Desa Siandong Kecamatan Larangan, terendam banjir, Sabtu (7/1/2023) malam.

Tarwud (52) seorang warga Desa Siandong RT 06 RW, membenarkan jika bahwa rumahnya sudah dua kali ini mengalami kebanjiran yang diakibatkan dari luapan sungai.

“Air masuk rumah saya, akibat curah hujan tinggi dari luapan kali sebelah barat,” ujarnya, Minggu (8/1/2023).

Dia mengaku, pertama kali luapan air kali masuk kerumahnya pada Rabu malam pukul 23:00 WIB hingga pukul 04:00 WIB lalu. Kemudian luapan air masuk kerumahnya yang ke Dua pada hari Sabtu malam pukul 21:00 WIB hingga sampai pukul 05:00 WIB.

“Dua kali saya kebanjiran, sedangkan air yang masuk ke rumah mencapai ketinggian kurang lebih 50 centi meter,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Siandong, Tahmid menjelaskan bahwa di wilayah desanya beberapa rumah warga mengalami kebanjiran. Adapun titik pemukiman warga yang terdampak banjir luapan air sungai yaitu di wilayah RW 02, 03, 04, 05 dan RW 06.

“Kami selaku pemerintah Desa Siandong sangat berharap kepada pemerintah Daerah, khususnya pihak-pihak terkait supaya ada respon dan tanggapan serta penanganan yang serius untuk mencari solusinya,” jelas Tahmid.

Pihaknya mencontohkan, upaya solusinya seperti adanya pembangunan talud atau penyangga kali sungai yang terletak di tengah pemukiman warga, agar di kemudian hari saat curah hujan tinggi tidak lagi masuk ke rumah warga.(Asp)

Related posts

Lahan Seluas 4.173 M2 Diklaim Warga, PT. PTP Persilahkan Untuk Tempuh Jalur Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional