Pemdes Cibeureum Gandeng Puskesmas Cisarua Gelar Sosialisasi Program Indonesia Sehat

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka melaksanakan Program Pembangunan Nasional melalui Kementerian Kesehatan RI salah satunya seperti yang diatur dalam pasal 2 UU 36 tahun 2009 bahwa Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Kegiatan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga Sehat (PIS PK) tersebut di fasilitasi dan digelar di Aula Kantor Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, dihadiri Sekdes beserta staf, UPT Kesehatan Cisarua, Bidan Desa, Ketua RT dan RW se-Desa Cibeureum, pada Rabu (25/4).

Menurut Deden Andi Azhar, Sekdes Cibeureum dalam sambutan mewakili Pemerintah Desa mengatakan ada beberapa kriteria tertentu nantinya yang bisa masuk ke Program Indonesia Sehat ini.

“Karena kalau tidak salah jika dalam satu keluarga ada satu perokok saja, maka itu tidak termasuk dalam keluarga sehat,” terangnya.

Masih kata Deden, Ia menambahkan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pendataan penduduk kaitannya dengan bidang Kesra maupun Pemerintahan.

“Kami akan mendata mana yang termasuk layak mendapat Kartu Indonesia Sehat atau yang tidak,nanti akan terlihat seperti apa kriterianya rekan-rekan dari UPT Puskesmas bisa melakukan pendataan. Saya himbau kepada Ketua RT maupun RW mulai sekarang itu segera melakukan re-checking terlebih dahulu terhadap warganya,” papar Deden.

Sementara itu Mamat, selaku Tenaga Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Cisarua mengatakan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada Ketua RT maupun RW mewakili warganya terkait Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

“Berdasarkan UU no 25 tahun 2004 terkait Pembangunan Nasional yang berupaya dalam rangka mewujudkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Nah dalam hal ini, maka Pemerintah Desa bersama Puskesmas berkewajiban ikut serta meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakatnya sehingga akan terwujud Bangsa yang sehat dan sejahtera.” pungkasnya.

Laporan :
TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata