Pawai Obor Dan Musik Daul Warnai Tahun Baru Islam 1441 H di Desa Cenlecen Pamekasan

PAMEKASAN, INFODESAKU – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H/2019 Masehi, di Desa Cenlecen Pakong Pamekasan Madura, Jawa Timur, menggelar pawai obor yang di meriahkan oleh beberapa Musik tradisional, salah satunya adalah musik Daul Dug Dug PHUSER BHUMIH, kegiatan ini berlangsung hikmah dan meriah. Sabtu (31/08/2019) malam

Dengan mengusung tema “Hijrah Menuju Persaudaraan dan Persatuan Bangsa”, kemeriahan pawai obor yang bernuansa Islami, nampak dipadati ribuan masyarakat di sepanjang ruas jalan Desa Banban menuju Desa Cenlecen.

Menurut Panitia penyelenggara, perayaan menyambut tahun baru Islam 1441 H/2019 M ini memiliki filosofi hijrah ke arah yang lebih baik, sebagaimana makna tersirat tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dalam rangka menyampaikan pesan-pesan Ilahi untuk memperbaiki akhlak dan moral seluruh umat manusia.

“Kegiatan pawai obor bukan sekedar berkeliling sambil membawa lentera obor di tangan. kegiatan massal yang sudah dilakukan selama beratus tahun ini juga mengandung makna mendalam,” demikian dijelaskan panitia acara saat pelepasan acara pawai obor.

Pawai obor adalah iring-iringan sekelompok orang yang dilakukan dengan berkeliling di jalan raya Desa Cenlecen menggunakan baju muslim sambil membawa obor yang terbuat dari bambu.

Rombongan pawai ini diiringi beberapa musik tradisional Seperti musik Daul atau musik Dug Dug. Sambil berkeliling, masyarakat sambil mengumandangkan salawat dan puji-pujian kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur karena diberi kesempatan untuk merasakan momen pergantian tahun dalam kalender Islam.

Pawai obor dilakukan saat malam hari setelah pergantian tahun, karena dalam Islam pergantian hari dimulai sejak tenggelamnya matahari. Tidak Ada aturan ataupun syarat mutlak untuk mengikuti iring-iringan ini, pawai bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Dari sini menandakan pawai obor sebagai salah satu kegiatan yang bisa mempererat tali silaturahmi.

Laporan : Chalik/Agus/Khoirul

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga