Nanang Ermanto Hadiri Pengukuhan Bidan Delima Kabupaten Lampung Selatan, 19 Ranting Terima Penghargaan

LAMSEL, INFODESAKU – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H.Nanang Ermanto dalam proses pengukuhan Bidan Delima Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lampung Selatan di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada hari Kamis, (23/1/2020) .

Pengukuhan sebanyak 69 orang Bidan Delima ini dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Nomor 068 / SKEP / PPIBI / I / 2020 tentang Pengukuhan Bidan Delima Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati mengatakan, Bidan Delima merupakan sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktik swasta, dengan menangani pada kegiatan pemantauan dan evaluasi serta kegiatan pembinaan serta pelatihan yang rutin dan berkelanjutan.

“Bidan Delima melambangkan pelayanan yang berkualitas di bidang kesehatan dan perencanaan keluarga yang sesuai dengan kasih sayang, santun ramah, ramah tamah, menyentuh yang manusiawi, terjangkau, tindakan kebidanan sesuai standar dan asosiasi sesuai dengan profesi,” ujar Merri Destiati.

Dalam sambutannya, dia juga mengapresiasi IBI Cabang Lampung Selatan yang telah mengukuhkan 69 orang Bidan Delima. Di mana sebelumnya sudah ada 74 Bidan Delima yang telah dikukuhkan. Bidan Delima dari 328 bidan praktik mandiri di Lampung Selatan.

“Jadi ada 43 persen dari bidan praktik mandiri di Lampung Selatan. Layanannya sudah terstandarisasi secara nasional. Dan (Bidan Delima) ini terbanyak di kabupaten / kota se-Provinsi Lampung. Bahkan ada 4 kabupaten / kota yang belum memiliki Bidan Delima, ”katanya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto berharap bidan-bidan yang telah dikukuhkan sebagai Bidan Delima dapat bekerja sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Ia juga meminta para bidan yang ada di desa untuk dapat menerima dan menyediakan seluruh Poskesdes bagai fasilitas pemerintah untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat, sehingga bidan dapat dengan mudah menyediakan masyarakat dan masyarakat pun aman mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Mari kita bangun bidang kesehatan dengan selalu mempertahankan eksistsensi profesi dalam jumlah besar ibu dan bayi sebagai karya nyata membangun dan menaikkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini mengingat profesi bidan merupakan ujung tombak yang berhasil meraih target dari Dinas Kesehatan dan Badan PP dan KB Lampung Selatan, ”ujar Nanang.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Lampung Selatan juga memberikan penghargaan kepada 19 Ranting IBI yang telah menyetujui dalam menyukseskan pembangunan kesehatan khusus kementerian kebidanan di Lampung Selatan.

Selain itu, Bupati Lampung Selatan juga menyerahkan sertifikat dan bidan delima kit kepada Bidan Delima yang baru dikukuhkan.

“Semoga dengan penghargaan yang telah diterima dapat menjadi pemicu untuk lebih baik dengan dibidangnya,” imbuh Nanang.

Hadir dalam acara itu Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie, anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Golkar, Ahmad Muslim, Penjabat Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, ikut berperan sebagai dilingkungan utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Kegiatan itu turut dihadiri juga oleh Ketua Bidan Delima Provinsi Lampung Nurhamidah, Ketua IBI Cabang Lampung Selatan Dwi Supratiningsih, Pengurus Gabungan Orgaisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Selatan serta Ketua Organisasi Profesi Kesehatan di Kabupaten Lampung Selatan.

 

Laporan : Az/R.YS

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga