Pemkab Sidoarjo bersama RMI MWC NU Waru Rapid Test Santri Ponpes

SIDOARJO, INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo fasilitasi rapid test yang digelar RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) MWC NU Waru kepada para santri. Rapid test gratis dilakukan kepada para santri yang akan kembali ke Pondok Pesantren/Ponpes bulan Juli ini. Terdaftar 160 santri yang ikut dalam rapid test yang digelar di kantor MWC NU Waru, Jumat (3/7) tadi pagi.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH didampingi Kepala Dinas Kesehatan drg. Syaf Satriawarman hadir melihat pelaksanaan rapid test tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan Pemkab Sidoarjo berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada pondok pesantren terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah fasilitas rapid test gratis kepada para santri Ponpes. Pengasuh Ponpes maupun lembaga lain seperti RMI dapat mengajukan permintaan rapid test kepada Dinas Kesehatan Sidoarjo. Dirinya juga telah memerintahkan kepada kepala dinas kesehatan untuk menyediakan rapid test yang cukup bagi Ponpes.

“Dari pemerintah akan senantiasa memberikan pelayanan kepada santri-santri pondok pesantren yang memang menginginkan rapid test, apabila ada pengasuh pondok atau RMI minta maka kami akan melayani dengan baik,” ujarnya.

Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin berharap para santri tidak terkendala permintaan rapid test untuk dapat mondok kembali. Bagi santri yang akan kembali ke Ponpes di luar Sidoarjo dapat membawa hasil rapid test yang menjadi syaratnya. Begitu pula kepada Ponpes yang ada di Sidoarjo dapat mengajukan permintaan rapid test kepada para santrinya yang datang dari luar Sidoarjo.

“Jadi anak-anak yang mau mondok di Sidoarjo, kami juga akan menyiapkan apabila pondok pesantrennya memohon, begitu pula anak-anak yang mau mondok diluar Sidoarjo yang itu (hasil rapid test) dipersyaratkan, maka kami akan mempersiapkan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan drg. Syaf Satriawarman berharap anak-anak tidak panik bila hasil rapid test nya menunjukkan reaktif. Dikatakannya rapid test merupakan tindakan untuk mengetahui antigen antibody pada tubuh seseorang. (edw)

 

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Puluhan Balita Desa Cadasngampar Terima Imunisasi Polio

Kesehatan Reproduksi Perempuan Dalam Kasus Pernikahan Dini dan Dampaknya Bagi Generasi Penerus