PUPR Abai, Kades Limbangan Timur Bersama Warga Keruk Irigasi

GARUT, INFODESAKU – Saluran Irigasi yang mengalir ke Desa Limbangan Timur, Kecamatan Balubur Limbangan mengalami pendangkalan sehingga menghabat aliran air. Sebab itu Kepala desa Heru Gunawan bersama warga melakukan pengerukan secara suwadaya. Jum’at (11/03).

Dilokasi Heru Gunawan mengungkapkan pendangkalan ini disebabkan oleh sampah yang dibuang oleh orang yang tidak bertanggungjawab ditambah curah hujan yang tinggi, akibat pendangkalan tersebut air tidak sampai ke Desanya padahal air tersebut  digunakan untuk mengairi sawah sekitar 35 hektar.

“Pengerukan ini merupakan swadaya masyarakat agar air bisa mengalir dengsn lancar, Kami juga berharap Dinas terkait untuk lebih rutin melakukan pemeliharaan, serta mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke Irigasi”, ungkapnya.

Disaat bersamaan Ketua RW 13 Dede Maruf mengungkapkan air dari irigasi ini sangat penting bagi kehidupan warganya karena selain untuk mengairi sawah dan empang, air tersebut juga digunakan untuk cuuci dan mandi.

“Pendangkalan yang sangat fatal itu digorong gorong yang dibawah jalan nasional, biasanya satu tahun sekali dilakukan pengerukan, namun sudah hampir tiga tahun tidak dikeruk”, ungkapnya.

Warga berharap Dinas terkait segera melakukan pengerukan dan perbaikan tembok tanggul.

 

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Lahan Seluas 4.173 M2 Diklaim Warga, PT. PTP Persilahkan Untuk Tempuh Jalur Hukum

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Puisi Puisi Soleh Sohih